Ahok: DKI Sedang Siapkan Trotoar Ramah untuk Kaum Tuna Netra

Organisasi pengabdian masyarakat Lions Clubs membagikan 4.256 tongkat putih bagi para tuna netra serentak di seluruh Indonesia. (R-15/Suara Pembaruan)

Oleh: Ari Supriyanti Rikin | Sabtu, 12 Oktober 2013 | 14:14 WIB

Jakarta - Organisasi pengabdian masyarakat Lions Clubs membagikan 4.256 tongkat putih bagi para tuna netra serentak di seluruh Indonesia. Acara puncak bakti sosial itu pun digelar di Balai Kota Jakarta dan dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Pembagian tongkat putih gratis di Jakarta tersebut diberikan kepada 315 tuna netra dalam rangka peringatan hari white cane day yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa Ahok mengapreasiasi aksi Lions Clubs ini, yang menurutnya bagian dari kepedulian sosial.

"Kami pun sedang merapikan trotoar untuk kaum tuna netra. Selain itu akan dirancang bus tingkat gratis untuk tuna netra dan orangtua, sebab tangga TransJakarta jauh dan tinggi. Rutenya bisa dari Monas ke Blok M, ke Kota dan Bundaran HI sampai ke Tanah Abang," katanya di sela-sela acara Rally dan Awareness White Cane Day di Balai Kota, Jakarta, Sabtu (12/10).

Ahok menambahkan pemerintah provinsi DKI Jakarta terus merindangkan area trotoar, agar pejalan kaki merasakan keteduhan. Ia pun berpesan agar seluruh masyarakat jangan menghilangkan kepedulian kepada sesama.

Council Chairman Lions Clubs Multidistric 307 Charles Saerang mengungkapkan setiap tahunnya dalam peringatan White Cane Day, Lions Clubs juga melakukan bakti sosial lain seperti operasi mata, pembagian kacamata gratis dan tongkat putih.

"Pemberian tongkat putih ini menjadi bagian dan simbolisasi kemerdekaan para tuna netra," ucapnya.

Ia menambahkan selain di Jakarta, pembagian tongkat putih juga dilakukan di Palembang, Jambi, Bintan, Batam, Pekanbaru, Jogya, Makassar, Tanjung Morawa, Medan dan Pematang Siantar. Selain tongkat putih dibagikan pula alarm talking watch dan alat tulis.

Sementara itu para tuna netra yang hadir jelang peringatan white can day di Balai Kota melakukan rally dengan berjalan per kelompok mengelilingi Balai Kota sebagai titik start, menuju Kebon Sirih lalu finish ke Balai Kota. Rute perjalanan tersebut diperkirakan berjarak sekitar dua kilometer. Sebanyak 315 tuna netra didampingi 185 para leo atau anggota Lions Clubs muda turut serta dalam kegiatan ini.


Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT