Warga menggunakan perahu melintasi Kali Angke
"Turap dibangun mulai dari Kelurahan Pondok Bahar, Kecamatan Ciledug hingga ke perbatasan Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat,"

Pemerintah Kota Tangerang, Banten, akan membangun turap Kali Angke yang membentang sepanjang 21 kilometer dengan dana sebesar Rp300 miliar. Turap difungsikan untuk mengatasi banjir yang kerap merendam ribuan rumah penduduk dan tanaman produktif.

"Turap dibangun mulai dari Kelurahan Pondok Bahar, Kecamatan Ciledug hingga ke perbatasan Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat," kata Sekretaris Daerah Pemkot Tangerang H. Harry Mulya Zein, Kamis (27/10).

Menurut dia, saat ini kondisi Kali Angke tengah mengalami pendangkalan karena timbunan sampah maupun lumpur yang datang dari hulu. Bahkan, pada bagian tertentu ditemukan longsoran, sehingga turap harus segera dipasang agar air tidak melimpah ke pemukiman.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Tangerang Suparman Iskandar mengatakan, pembangunan turap sepenuhnya dilakukan dengan biaya APBN 2011. Pembangunan mulai dikerjakan triwulan keempat.

Sejauh ini, jelasnya, aparat Pemkot Tangerang tengah melakukan persiapan untuk pembebasan lahan yang dilalui proyek pembuatan turap.

Sebelumnya, pada Januari 2005, ribuan rumah warga di Karang Tengah dan Ciledug terendam air bah dengan ketinggian 85 sentimeter hingga 1,7 meter akibat melubernya Kali Angke. Alhasil, warga terpaksa mengungsi. Demikian pula tanaman produktif warga tidak dapat dipanen, karena terendam air bah dalam waktu lebih dari lima hari.

Penulis:

Sumber:Antara