Musibah banjir yang pernah terjadi di Kp Melayu, Jakarta Timur
Jakarta Utara memiliki 19 titik lokasi rawan banjir. Tahun 2010 terdapat 27 titik rawan banjir.

Menghadapi siklus banjir lima tahunan akibat curah hujan yang cukup besar, Walikota Jakarta Utara mengintruksikan 31 Lurah dan 6 Camat menyiapkan posko banjir.

Wilayah Jakarta Utara, saat ini memiliki 19 titik lokasi rawan banjir. Sebelumnya, tahun lalu wilayah Jakarta Utara terdapat 27 titik rawan banjir.

Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono hari ini mengatakan, warga Jakarta Utara saat ini jangan takut dengan isu-isu datangnya banjir besar.

Pasalnya, saat ini pihak Kementerian PU dan Dinas PU DKI Jakarta, sudah melakukan upaya dalam membuat Kanal Banjir Timur (KBT) dan pengurasan serta pelebaran kali yang menyempit. "Warga jangan takut dengan isu banjir. Sebab, saat ini dengan dibangunnya KBT, wilayah Jakarta Utara yang dulunya ditakuti terkena banjir, seperti Kelapa Gading, air dapat dialiri langsung ke KBT," jelasnya. Namun diakuinya, di wilayah Jakarta Utara terdapat 19 lokasi rawan banjir yang saat ini dalam penanganan serius.

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, pun sudah melakukan berbagai upaya mengatasi banjir secara sistematis dan dengan cepat tanggap. "Sesuai dengan intruksi Gubernur, intasi tekis, camat dan lurah sudah diperintahkan untuk melakukan pengecekan kesiapsiagaan antisipasi dan penanggulangan bencana banjir," terangnya.

Bahkan dalam rapat koordinasi pencegahan dan penanggulangan bencana, yang digelar Rabu lalu, Walikota sudah meminta agar perangkatnya bekerja dengan reaksi cepat tanggap (Quick Respon).

"Saya sudah minta agar semua bekerja secara koordinasi dalam menanggapi serta menanggulangi bencana secara quick respon," ujar Bambang Sugiyono.

Suku Dinas PU Tata Air Jakarta Utara pun, dikatakan Walikota Telah menyiapkan 5000 karung pasir, 8 pompa mobile, serta 575 personil anggota. Selain itu juga, dijelaskan walikota, rumah pompa yang ada di Jakarta Utara sudah dicek kondisinya.

Berdasarkan hasil pemantauan Dinas PU DKI Jakarta, lokasi rawan banjir di Jakarta Utara terdapat 19 titik. Lokasi rawan banjir tersebut yakni, Kapuk Kamal, Pantai Indah Kapuk, Kapuk Muara, Pluit, Pademangan Barat, Pademangan Timur, Sunter Agung, Sunter Jaya, Lagoa Buntu, Kebon Bawang, Warakas, Sungai Bambu, Papanggo, Perumahan Walikota, Kelapa Gading, Rawa Badak dan Tugu Utara.



Penulis: /FER

Sumber:Antara