Hari Ini, Jokowi Sudah Bukan Gubernur DKI Jakarta Lagi

Hari Ini, Jokowi Sudah Bukan Gubernur DKI Jakarta Lagi
Capres nomer urut 2 Joko Widodo atau Jokowi memberikan salam dua jari saat melepas ribuan peserta acara Gerak Jalan Revolusi Mental di Kawasan Monas, Jakarta, Minggu (22/6). ( Foto: Antara/Muhammad Adimaja )
Deti Mega Purnamasari / FAB Kamis, 16 Oktober 2014 | 15:21 WIB

Jakarta - Hari ini, Kamis (16/10), Joko Widodo (Jokowi) sudah resmi melepas jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan sudah turunnya Keputusan Presiden (Keppres) yang ditandatangani langsung oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hal tersebut disampaikannya dalam acara silaturahmi, sekaligus perpisahan Jokowi sebagai Gubernur DKI dengan seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta di Istora Senayan, Kamis (16/10).

"Sebetulnya hari ini saya sudah bukan Gubernur DKI lagi, karena pagi tadi surat tanda tangan presiden sudah ada, sehingga sekarang ini status saya adalah bukan gubernur lagi," katanya saat memberikan sambutan dalam acara perpisahan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa ia masih percaya DKI merupakan bagian yang sangat penting dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Oleh sebab itu, persoalan yang ada di DKI juga tanggung jawab Presiden RI," katanya.

Seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta melepas kepergian Jokowi, yang sesaat lagi akan dilantik sebagai Presiden RI periode 2014-2019 di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Acara dihelat cukup meriah, karena seluruh jajaran pejabat dari lima wilayah kota administrasi DKI Jakarta dan Kabupaten Kepulauan Seribu berkumpul. Di Istora, mereka ditempatkan di setiap wilayah, masing-masing terdiri atas RT/RW, PKK, Lembaga Kemasyarakatan, Dewan Kota/Kabupaten, dan Tokoh Masyarakat.

Bersama wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama, Jokowi didampingi istrinya, Iriana Jokowi memasuki arena yang sudah disesaki peserta dan pejabat, sekitar pukul 13.30 WIB. Turut serta beberapa Kepala Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Walikota, termasuk Sekretaris Daerah (Sekda).

Beberapa spanduk juga terpasang di sudut-sudut Istora. Diantaranya bertuliskan, "Terima Kasih Gubernurku" dari wilayah Kepulauan Seribu, spanduk lainnya bertuliskan, "Kami Siap Mendukungmu Membangun Jakarta Baru", "Jasamu Untuk Jakartaku Akan Selalu di Kalbu", dan "Gubernurku Kami Selalu Mendukungmu".

Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE