Mahasiswa Baru IPB Wajib Masuk Asrama

Mahasiswa Baru IPB Wajib Masuk Asrama
Mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) memakai jas almamaternya. ( Foto: Antara/Jafkhairi )
Senin, 19 Desember 2011 | 01:50 WIB
Diklaim tak ada di perguruan tinggi lain, periode masuk asrama bagi mahasiswa baru IPB disebut sebagai masa kritis bagi kelanjutan studi para mahasiswa ke depan.

Sekretaris Eksekutif Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Ir Bonny PW Soekarno, mengemukakan bahwa mahasiswa baru di perguruan tinggi itu diwajibkan tinggal di asrama.

"Mahasiswa baru wajib mengikuti kuliah di tingkat persiapan bersama (TPB) dan wajib tinggal di asrama. Cara itu tidak ada di perguruan-perguruan tinggi lain," ungkap Bonny ketika menerima kunjungan sebanyak 90 siswa SMA Islam As-Shofa Pekanbaru, Riau, Minggu (18/12), sebagaimana disampaikan lewat keterangan tertulisnya.

Lebih jauh, Bonny menjelaskan bahwa periode TPB tersebut, pada dasarnya merupakan masa kritis bagi mahasiswa di IPB. "Bagi mahasiswa yang tidak bisa menyesuaikan dan mendapat nilai IPK (indeks prestasi kumulatif) kurang dari 1,5, maka mahasiswa tersebut akan di-drop out dari IPB," katanya.

Bonny pun menyatakan bahwa bila melihat keberhasilan IPB dengan kurikulum TPB dimaksud, perguruan-perguruan tinggi lain pun diyakini akan segera mengikutinya. Apalagi menurutnya, mahasiswa-mahasiswa IPB senantiasa diajarkan cara berfikir sistematis, terukur dan bertahap.

"Sehingga tidak aneh apabila lulusan IPB dapat bekerja di berbagai disiplin ilmu, terlebih pertanian," katanya pula.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Islam As-Shofa, Sufrida menyatakan, pihaknya beserta rombongan murid-murid kelas 11, dalam kesempatan itu ingin menggali informasi seluas-luasnya terkait informasi masuk perguruan tinggi, terutama dari IPB.

Menurut Sufrida pula, minat siswanya untuk kuliah di IPB sangat tinggi. Hal ini terbukti dari banyaknya permintaan siswa yang ingin berkunjung dan ingin mengenal lebih banyak tentang IPB. Ia pun menambahkan bahwa sampai 2011, sekolahnya telah mengadakan kunjungan ke IPB untuk yang ketiga kalinya.
Sumber: Antara
CLOSE