Demo UMK
"Ini pilihan Apindo. Mereka telah membuat seluruh buruh marah. Jangan salahkan kami membuat aksi. Kami terus dibohongi."

Putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung, Jawa Barat, yang memenangkan gugatan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) soal Upah Minimum Kabupaten (UMK), membuat buruh marah besar. Kekecewaan itu diungkapkan dengan aksi besar untuk melumpuhkan industri Bekasi hari ini.

"Ini pilihan Apindo. Mereka telah membuat seluruh buruh marah. Jangan salahkan kami membuat aksi. Kami terus dibohongi," kata Koordinator Buruh Bergerak Baris Silitonga, kepada Beritasatu.com.

Meski begitu, lanjut Baris, dirinya menjamin bahwa aksi kali ini bakal berlangsung damai.

"Saya sudah menegaskan kepada teman-teman buruh untuk bergerak sesuai perintah. Jadi saya pastikan tidak ada buruh yang bergerak sendiri," terangnya.

Seperti diketahui, Kamis (26/1), PTUN Bandung memenangkan gugatan atas SK Gubernur Jawa Barat tentang penetapan UMK Kabupaten Bekasi 2012.

"Majelis hakim menyatakan SK Gubernur No.561/Kep.1540-Bangsos/2011 batal, memerintahkan kepada Gubernur Jabar untuk menerbitkan SK yang baru berdasarkan kesepakatan asosiasi pengusaha dengan buruh," kata Ketua Majelis Hakim DF Manao di ujung persidangan kasus gugatan Apindo di PTUN Bandung.

Penulis: