Aplikasi Qlue Mudahkan Warga Jakarta Sampaikan Keluhan

Screenshot aplikasi Qlue. (Google Play)

Oleh: Herman / YUD | Rabu, 2 September 2015 | 18:16 WIB

Jakarta - Ketidakpuasan masyarakat dalam mendapatkan layanan publik ataupun masalah sosial selama ini sering disampaikan lewat media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram maupun Path.

Selain itu, ada juga media sosial lain yang bisa memudahkan penggunanya untuk melaporkan masalah-masalah di lingkungannya dan menangkap momen penting di sekitarnya, yaitu dengan aplikasi Qlue Jakarta Smart City yang dikembangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Melalui aplikasi Qlue, masyarakat bisa melaporkan keadaan di sekitarnya berupa foto dan teks. Laporan tersebut nantinya akan langsung ditindaklanjuti oleh dinas terkait di Jakarta," ujar Syali Gestanon, Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Smart City di acara Fujitsu Day 2015 di Jakarta, Rabu (2/9).

Tidak hanya keluhan masyarakat, melalui aplikasi yang dapat diunduh dengan smartphone berbasis Android ini juga dapat diketahui respons lurah dan camat dalam menindaklanjuti setiap pelaporan atau keluhan warga Jakarta.

"Partisipasi warga Jakarta dalam menyampaikan pelaporan di aplikasi ini sudah sangat meningkat. Qlue bahkan sudah didownload lebih dari 45.000. Ini tentunya sangat baik untuk kemajuan Jakarta," ujar Syali.

Aplikasi Qlue ini bisa didapatkan di Google Play melalui tautan berikut.

 


Sumber:
ARTIKEL TERKAIT