Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, dipenuhi ribuan pengunjung yang ingin menikmati libur akhir tahun, Minggu, 27 Desember 2015.

Liburan Akhir Tahun, TMII Dipadati Pengunjung

Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, dipenuhi ribuan pengunjung yang ingin menikmati libur akhir tahun, Minggu, 27 Desember 2015. (Beritasatu.com/Priska Sari Pratiwi)

Jakarta - Sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dipenuhi ribuan pengunjung yang ingin menikmati masa liburan akhir tahun. Sejumlah wahana yang ada di TMII seperti, Snow Bay, Keong Mas, Dunia Air Tawar, hingga Kereta Gantung, disesaki oleh antrean pengunjung.

Selain itu, pengunjung juga banyak yang menghabiskan waktunya dengan bercengkerama bersama keluarga di dekat Tugu Api. Mereka menggelar tikar seadanya sambil menikmati bekal yang dibawa.

Salah seorang pengunjung asal Duren Sawit, Steven (39), mengaku sengaja berlibur ke TMII untuk menonton pertunjukan Sirkus bersama keluarganya. "Ini lagi nunggu mau nonton sirkus, kita duduk-duduk aja di sini sambil ngadem," ujar Steven, Minggu (27/12).

Hal senada diungkapkan Karim (45), warga Bekasi ini sengaja berlibur ke TMII untuk menonton sejumlah pertunjukan yang digelar. Selain itu, kondisi jalan yang cukup macet membuatnya memilih TMII sebagai alternatif hiburan.

"Ya lokasinya kan enggak terlalu jauh dari Bekasi, kita ke sini aja sama anak-anak. Daripada ke luar kota macet," tuturnya.

Kasie Humas TMII, Asep Sumarna, mengatakan, jumlah pengunjung hingga saat ini mencapai 40.000 orang. Pihaknya menargetkan ada 350.000 pengunjung yang akan memadati TMII.

"Pengunjung umumnya bermain di Snow Bay, Dunia Air Tawar, dan yang lagi ramai sekarang pertunjukan 'The Moscow Sircus' dari Rusia," kata Asep.

Hingga saat ini, lanjutnya, harga tiket masuk TMII masih normal yakni Rp 15.000 per orang. Namun pada 31 Desember mendatang, pengunjung akan ditarik harga tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orang.

Ia menambahkan, TMII juga menyediakan tiket secara paket jika pengunjung ingin menonton pertunjukan sirkus dengan wahana hiburan yang ada di TMII.

"Kalau pengunjung beli tiket Snow Bay sekaligus tiket sirkus, harga tiket sirkusnya nanti jadi lebih murah," jelasnya. Harga tiket untuk sirkus ini sendiri dibagi menjadi tiga kelas yakni Rp 110 ribu, Rp 160.000, dan Rp 300.000 untuk VIP.

Selain pertunjukan sirkus, pada malam puncak tahun baru, TMII juga akan mengadakan pertunjukan musik dangdut, campur sari, pergelaran wayang kulit, dan ditutup dengan pesta obor dan kembang api. Dikatakan Asep, salah satu dalang pergelaran wayang kulit pada malam tahun baru adalah Kepala Badan SAR Nasional FHB Soelistyo.

"Kita prediksi jumlah pengunjung akan meningkat menjelang tahun baru. Nanti akan ada kembang api dan pesta obor untuk memeriahkan," tandasnya.

Suara Pembaruan

Priska Sari Pratiwi/FER

Suara Pembaruan