Metland Bangun Stasiun KRL Telaga Murni di Cikarang

Metland Bangun Stasiun KRL Telaga Murni di Cikarang
Bupati Bekasi, Neneng Hasanah (kedua dari kanan), bersama perwakilan dari PT KAI dan PT Metropolitan Land (Metland) Tbk meresmikan "groundbreaking" pembangunan Stasiun KRL Telaga Murni di Bekasi, Senin, 8 Agustus 2016. ( Foto: Investor Daily/Imam Muzakir )
Imam Muzakir / JAS Senin, 8 Agustus 2016 | 19:30 WIB

Bekasi - Padatnya penduduk yang mencapai 3,5 juta jiwa, membuat kawasan Bekasi ini sering terjadi kemacetan. Hal ini mendorong pengembang properti PT Metropolitan Land (Metland) Tbk bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) membangun Stasiun Kereta Api Listrik (KRL) Telaga Murni yang berlokasi di daerah Cikarang Barat.  Stasiun itu merupakan bagian dari rencana perluasan jangkauan KRL hingga Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Pembangunan Stasiun Telaga Murni ini hasil kerja sama antara PT Metland Tbk, bersama Pemda Bekasi, PT KAI dan Kementerian Perhubungan. Seremoni groundbreaking, sebagai tanda dimulainya pembangunan Stasiun Telaga Murni dilaksanakan Senin (8/8).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Bekasi Neneng Hasanah, Presiden Direktur PT Metland Tbk Thomas JA, Komisaris Metland Tbk Nanda Widya dan jajaran dari Kementerian Perhubungan dan PT KAI.

Bupati Bekasi Neneng Hasanah mengatakan, pertumbuhan penduduk yang tinggi capai 3,5 juta jiwa lebih dan terus bergerak dinamis seiring dengan perkembangan wilayah perkotaan harus diimbangi dengan penyediaan sarana dan prasarana transportasi yang memadai.

Sampai saat ini, pergerakan komuter di wilayah Jabodetabek sebagian besar masih mengandalkan transportasi jalan yang sudah jenuh. Kemacetan dan pemborosan biaya perjalanan menjadi gambaran kondisi transportasi di kawasan Bekasi saat ini.

Oleh karena itu peran KRL ini sangat penting. Keberadaan Stasiun Telaga Murni ini bisa membantu masyarakat untuk beralih dari moda transportasi darat ke kereta api. Manfaatnya, bisa mengurangi biaya transportasi juga menurunkan tingkat kemacetan dan kecelakaan.

“Walaupun belum optimal dan masih menghadapi banyak kendala, saat ini moda transportasi seperti KRL telah memberikan kontribusi terhadap mobilitas pergerakan komuter di Bekasi. Khusus untuk pelayanan ke arah Bekasi (timur Jakarta). Saat ini KA Jabodetabek menjangkau hingga Stasiun Bekasi,” kata dia.

Bupati Bekasi juga menyambut baik komitmen pengembang dalam hal ini Metland yang mau membangun Stasiun KRL Telaga Murni dalam rangka memudahkan masyarakat Bekasi menggunakan kereta.

“Tentu kami mendorong peran swasta membantu pemerintah dalam pembangunan infrastruktur seperti yang dilakukan oleh Metland. Metland menjadi pengembang pertama yang membangun stasiun," ujar Neneng.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Metland Tbk Thomas JA menambahkan, dengan adanya Stasiun Telaga Murni ini masyarakat sekitar dapat menggunakan moda transportasi KA dari lokasi yang lebih dekat dari tempat tinggal. Dengan memakai KA dengan waktu tempuh ke tempat tujuan juga menjadi lebih cepat dan hemat biaya.

“KRL Telaga Murni ini tentunya lebih hemat waktu, biaya dan relatif lebih aman dan nyaman,” kata Thomas.

Stasiun KRL Telaga Murni ini diharapkan dapat melayani empat kecamatan yakni Cibitung, Cikarang Barat, Cikarang Utara, dan Tambun Selatan atau sekitar 38 persen wilayah penduduk Kabupaten Bekasi. “Stasiun Telaga Murni ini diestimasi membuat 77 persen komuter beralih menggunakan moda kereta api,” katanya.

Sumber: Investor Daily
CLOSE