Basuki Sebar Benih dan Panen Kerapu di Kepulauan Seribu

Basuki Sebar Benih dan Panen Kerapu di Kepulauan Seribu
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Foto: BeritaSatu TV )
Deti Mega Purnamasari / PCN Selasa, 27 September 2016 | 14:46 WIB

Jakarta- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menebar sebanyak 4.000 benih ikan kerapu di perairan Karang Lebar, Kepulauan Seribu, Selasa (27/9).

Ikan kerapu merupakan ikan yang dibudidayakan oleh para nelayan di Kepulauan Seribu. Hasil budidaya ikan tersebut akan dijual ke restoran-restoran yang berada di Jakarta Utara ketika dipanen.

Tidak hanya menyebar benih kerapu, Basuki juga memanen ikan kerapu hasil budidaya nelayan yang ada di sana di Pulau Panggang. Hasil panen ikan kerapu untuk satu kilogram biasanya dihargai sebesar Rp 350.000.

"Kunjungan hari ini ada program yang dilaksanakan sejak 2014 yang saya minta. Kepulauan Seribu dekat dengan Ibukota, ada potensi pariwisata juga, jadi kenapa tidak budidaya saja sehingga kita uji coba," ujar Basuki di lokasi.

Dalam uji coba itu, katanya, ada nelayan yang berhasil melakukan budidaya. Oleh karena itu, pihaknya menawarkan program kepada nelayan untuk bersedia melakukan budidaya asalkan mereka yang ikut merupakan orang yang jujur dan mau bekerja.

"Makanya saya mau pembagiannya 80:20. 80 persen untuk warga yang lakukan budidaya, yang 20 persen untuk kami tapi disimpan dulu sampai warga merasakan yang rajin siapa, baru kita akan ajak mereka bikin koperasi," terangnya.

Hal tersebut dibutuhkan supaya pihaknya mendapat orang-orang yang jujur dan rajin terlebih dahulu, baru kemudian membentuk koperasi supaya hasil koperasi yang tidak merata bisa dihindari. Sebab, dengan membentuk kelompok terlebih dahulu tanpa mempertimbangkan kinerja orang-orangnya, maka tujuan dari koperasi itu tidak tercapai.

"Bayangkan kalau saya dipaksa sekelompok harus 10 orang, saya nyari bisa saja ajak yang tidak mengerti. Akhirnya yang kerja cuma yang bisa, makanya sekarang mesti temukan dulu yang bisa," pungkasnya.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE