Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat (kanan) bersama Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sediarsi (kiri) menunjukan Kartu JakCard Bank DKI usai peresmian pemasangan terminal parkir elektronik (TPE) di Jalan Ir. H Juanda, Jakarta Pusat (24/10/2016).

Maret, Masjid Raya Pertama Milik DKI Diresmikan Presiden

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat (kanan) bersama Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sediarsi (kiri) menunjukan Kartu JakCard Bank DKI usai peresmian pemasangan terminal parkir elektronik (TPE) di Jalan Ir. H Juanda, Jakarta Pusat (24/10/2016). (Beritasatu Photo/Istimewa)

Jakarta - Seusai salat Jumat bersama warga di Masjid Jami At-Taqwa, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menyampaikan sebentar lagi umat Muslim di Jakarta akan mempunyai Masjid Raya.

Karena pada bulan Maret mendatang, pembangunan Masjid Raya di dekat Rumah Susun Sederhana (Rusunawa) Daan Mogot, Jakarta Barat akan diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

“Bulan Maret mendatang, Masjid Raya pertama di Jakarta akan diresmikan Presiden RI. Itu yang di Daan Mogot. Insya Allah akan segera diresmikan, dan kita memiliki masjid raya sendiri,” kata Djarot dihadapan warga seusai salat Jumat di Masjid Jami At-Taqwa, Jalan Cipinang Muara, Pondok Bambu, Jakarta Timur, Jumat (17/2).

Dengan adanya Masjid Raya pertama tersebut, membuka jalan bagi pencapaian cita-cita Pemprov DKI untuk memiliki masjid raya di enam wilayah Provinsi DKI Jakarta. Karena hingga saat ini, DKI belum mempunyai masjid raya sendiri. Sedangkan masjid raya, Masjid Istiqlal, merupakan milik pemerintah pusat.

“Sehingga cita-cita kami punya masjid raya di setiap kota, di Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan seterusnya dapat tercapai. Sama seperti kota-kota di Indonesia, setiap kota pasti ada masjid raya. Maka ini bisa untuk memback up Masjid Istiqlal,” ujarnya.

Seperti diketahui, ide pembangunan masjid raya pertama di Daan Mogot muncul dari Jokowi sewaktu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ide itu muncul saat perayaan Idul Adha tahun 2012.

Konstruksi Masjid Raya Jakarta telah dibangun sejak Maret 2016 yang dibangun diatas lahan seluas 12,8 hektar.

Masjid ini merupakan masjid raya pertama milik Pemprov DKI. Keberadaan Masjid Raya Jakarta juga melengkapi masjid besar yang sudah ada di wilayah Jakarta lainnya, seperti Masjid Istiqlal dan Masjid Sunda Kelapa.

Meskipun demikian, dua masjid tersebut bukan milik Pemprov DKI. Nantinya, Masjid Raya Jakarta dapat menampung 16.000 anggota jemaah. Adapun biaya pembangunan masjid ini mencapai Rp 170 miliar.



Lenny Tristia Tambun/YUD

BeritaSatu.com