Sekretaris Kelurahan Koja, Dwi Lestari (paling kiri) bersama petugas bank sampah Koja Bersama melakukan praktik pemilahan sampah plastik, Minggu 28 Agustus 2016.

DKI Bakal Kembali Galakkan Bank Sampah

Sekretaris Kelurahan Koja, Dwi Lestari (paling kiri) bersama petugas bank sampah Koja Bersama melakukan praktik pemilahan sampah plastik, Minggu 28 Agustus 2016. (Istimewa)

Jakarta - Pembangunan Intermediate Treatment Facilities (ITF) di Ibu Kota yang belum bisa terealisasi membuat Pemprov DKI Jakarta menggalakkan kembali bank sampah bagi masyarakat sebagai solusi sementara sembari menunggu ITF dibangun.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono mengatakan, bank sampah merupakan kebijakan sudah lama yang diterapkan tetapi banyak masyarakat yang belum memahaminya. Oleh karena itu, pihaknya pun akan kembali menyosialisasikan bank sampah yang sebenarnya sangat penting ini.

“Kita harapkan ini bagian dari solusi sementara waktu yang kita peroleh di tengah-tengah upaya untuk membangun ITF. Bank sampah juga membangun kesadaran masyarakat untuk gotong royong menjaga kebersihan,” terang Sumarsono di Balai Kota, Senin (20/3).

Tidak hanya itu, katanya, bank sampah juga dibutuhkan untuk suplai sampah yang diolah ITF nantinya sebagai energi.



Suara Pembaruan

Deti Mega Purnamasari/JAS

Suara Pembaruan