Monumen Nasional (Monas)

Lippo Korban Serangan Hoax Masif

Monumen Nasional (Monas) (Antara/Widodo S Jusuf)

Jakarta - Sejumlah media online, Kamis (20/4), memberitakan tentang Lippo Group yang mendukung dan menjadi pengembang pertama yang akan menjalankan program kepemilikan rumah di Jakarta dengan uang muka (down payment/DP) nol rupiah dari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi).

Tak hanya itu, di media sosial juga beredar kabar tentang Gubernur DKI Jakarta (terpilih) Anies Baswedan yang menggunakan helikopter milik Lippo ke Hotel Aryaduta untuk menemui Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota. Selain itu, juga beredar foto CEO Lippo Group James Riady yang berfoto bersama Hary Tanoesoedibjo dan Tomy Winata yang dikaitkan dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017.

Terkait hal itu, redaksi Beritasatu.com, Jumat (21/4), menerima bantahan resmi dari Lippo Group melalui Direktur Humas Danang Kemayan Jati sebagai berikut:

Mengenai banyaknya serangan dari social media berbentuk fitnah dan hoax, ini adalah klarifikasi.

1. Mengenai Lippo dukung program 0% dan rumah 350 juta, hoax! Lippo tidak ada rencana ataupun ingin melakukan itu. Acara yang dikutip itu adalah acara ekonomi. Tentunya Lippo mengharapkan kemajuan ekonomi dan juga semua hal yang bisa membantu orang tidak mampu, termasuk affordable living dan mass housing yang dilakukan di setiap negara besar bagi warganya. Sementara, Lippo belum, tidak ada rencana, dan juga bukan pengembang pertama yang akan membangun rumah Rp 350 juta seperti informasi yang beredar.

2. Mengenai foto Hary Tanoesoedibjo (HT), James Riady, dan Tomy Winata (TW), itu adalah foto Februari 2016 saat Hari Pers Nasional di Lombok di hadapan Presiden Jokowi yang kebetulan telah diatur panitia duduk bersama. Karena pemimpin media, HT-MNC, James Riady-Berita Satu, TW-JakTV, wajar saja (tempat duduknya diatur) karena panitia yang susun. Foto tersebut sama sekali tidak ada hubungannya dengan Pilkada 2017, karena diambil jauh lebih lama.

3. Mengenai statement "Ahok mau menang sendiri". Hoax! Tidak ada pernah ada statement itu dari Lippo. Statement itu telah diedit dan copy paste dari yang asli.

4. Mengenai Anies naik heli Lippo ke Aryaduta. Hoax lagi! Tidak benar. Kenapa? Pada hari tersebut, heli Lippo tidak ada yang terbang sama sekali. Area Aryaduta dan Jakarta juga ditetapkan NOTAM (no fly zone) berhubung adanya latihan militer dan kunjungan wapres Amerika. 













Anselmus Bata/AB

BeritaSatu.com