Polisi Gelar Personel Antisipasi Kemacetan Libur Panjang Isra Mi'raj

Ilustrasi polisi. (Antara/Rahmad)

Oleh: Bayu Marhaenjati / WBP | Jumat, 21 April 2017 | 18:24 WIB

Jakarta- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan rencana pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas terkait libur panjang akhir pekan peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Personel gabungan digelar untuk mengantisipasi kemacetan.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyono mengatakan, sudah menjadi tradisi masyarakat pergi berlibur ke tempat rekreasi, tempat hiburan, dan melakukan kegiatan lain pada saat libur panjang. "Akibatnya, terjadi peningkatan pada ruas-ruas penggal jalan yang dilalui arus mudik atau balik, akses-akses ke tempat-tempat rekreasi dan tempat-tempat kegiatan lainnya," ujar Budiyanto, kepada Beritasatu.com, Jumat (21/4).

Dikatakannya, guna menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) yang dinamis serta kondusif, perlu dipersiapkan rencana pengamanan. "Kami menyiapkan rencana pengamanan Kamseltibcar Lantas sehingga kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan lancar, aman dan berkeselamatan," ungkapnya.

Ia menyampaikan, langkah-langkah antisipasi yang akan dilakukan adalah melaksanakan gelar personel Polri, Dishub, Satpol PP, Jasa Marga, dan instansi lainnya, di tiga ruas utama keluar Jakarta yakni, GT Cikarang Utara, GT Cibubur, Kebon Jeruk, dan jalan-jalan arteri terkait.

Selain itu, menyiapkan cara bertindak rute alternatif pengalihan arus, beserta rambu-rambu portabel dan petunjuk lainnya. Kemudian, melakukan rekayasa arus lalu lintas dan pengaturan lampu traffic light.

"Memantau pergerakan lalin melalui CCTV, NTMC dan Jasa Marga, melakukan buka tutup gerbang tol bila ada peningkatan volume arus lalu lintas, melakukan buka tutup rest area, dan membatasi kendaraan besar sebelum pukul 22.00 WIB," tandasnya.






Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT