1.900 Polisi Disiagakan Amankan Kabupaten Bogor i

Anggota Polres Bogor melakukan Apel Operasi Ramadniya 2017 di Mapolres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, 19 Juni 2017.

Oleh: Vento Saudale / PCN | Senin, 19 Juni 2017 | 22:42 WIB

Bogor - Sebanyak 1.900 personel disiagakan untuk mengamankan wilayah Kabupaten Bogor selama Ramadan dan Idul Fitri 2017.

Kapolres Bogor, Ajun Komisaris Besar AM Dicky, menuturkan jumlah personel tersebut disebar di 22 Pos Pengamanan (Pospam) dan 202 Pos Penjaga dan Pengatur (Gatur) di wilayah Kabupaten Bogor.

"Kekuatan atau jumlah tersebut akan ditambah sekitar 2.000 petugas dari satuan lain, seperti TNI, Pol PP, Damkar, Tim Kesehatan, hingga Ormas. Mereka akan bergabung dalam pos-pos pengamanan yang tersebar di beberapa titik," paparnya usai Apel Operasi Ramadaniyah 2017 di Mapolres Bogor, Senin (19/6).

Ada pun pusat atau konsetrasi pengamanan, dilakukan di pusat-pusat keramaian, rumah ibadah, kantor pemerintahan, dan juga jalur lalu lintas di wilayah Kabupaten Bogor.

Ia pun memprediksi, bila keramaian akan terjadi pada Hari Lebaran hingga H +7 Lebaran. Dicky, menilai keramaian di wilayah Bogor dikerenakan Bogor merupakan tempat wisata.

"Setiap tahunnya, wilayah Bogor khususnya Puncak selalu ramai pada Hari Lebaran hingga akhir masa liburan. Bogor hanya perlintasan mudik bagi wilayah Sukabumi dan Cianjur yang jumlahnya kecil dibandingkan Jalur Pantura atau Parsela," katanya.

Dalam kesempatan itu, kapolres juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan malam takbir keliling dan cukup melakukan malam takbir di masjid masing-masing wilayah.

"Sudah saya imbau, melalui Polsek-Polsek agar menyiapkan tempat, baik itu masjid atau lapangan untuk melakukan malam takbir. Sehingga tidak perlu ke jalan dan menambah volume kendaraan di jalan," katanya.

Selain itu, Dicky juga meminta agar pasar kaget atau pasar tumpah stop melakukan aktivitasnya pada H-4 Lebaran. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan pasar tumpah menyebabkan penyempitan badan jalan dan membuat macet.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT