Penunggak Pajak di Taman Sari Diberi Kelonggaran 2 Minggu

Pemasangan Stiker Tunggakan Pajak di Hotel Feodora, Taman Sari, yang dilakukan oleh UPPRD Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Senin, 17 Juli 2017. (Beritasatu.com/Lenny Tristia Tambun)

Oleh: Lenny Tristia Tambun / JAS | Senin, 17 Juli 2017 | 12:58 WIB

Jakarta - Kepala Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (UPPRD), Andri Kunarso mengatakan pemasangan stiker objek pajak yang menunggak dilakukan untuk memberikan edukasi kepada wajib pajak agar mereka membayar pajak tepat pada waktunya. Bagi wajib pajak yang objek pajaknya yang terkena pemasangan stiker merah tunggakan pajak, diberi kelonggaran waktu selama dua minggu untuk segera melunasi pajaknya.

“Yang kami lakukan hari ini hingga 10 hari ke depan adalah melakukan penempelan stiker objek pajak bagi wajib pajak yang menunggak pajak di atas tiga tahun,” kata Andri saat menempel stiker tunggakan pajak di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat, Senin (17/7).

Sebelum menempelkan stiker tersebut, terlebih dahulu pihaknya telah melakukan pemberitahuan melalui surat sebanyak tiga kali. Setelah itu, pihaknya menelepon wajib pajak untuk segera melunasi tunggakannya.

“Tapi dengan pendekatan persuasif itu juga tidak ada respons. Maka kita lakukan penempelen stiker sebagai tanda ia belum membayar tunggakan pajak,” ujarnya.

Kalau ada yang keberatan dengan penempelan stiker tersebut, Andri mempersilakan wajib pajak tersebut segera membayarkan tunggakannya dalam waktu dua minggu.

Kalau dalam waktu dua minggu belum juga dilunasi, maka pihaknya akan melaporkan wajib pajak tersebut kepada Suku Badan Pajak Jakarta Barat. Agar melakukan penagihan aktif kepada wajib pajak tersebut.

“Kita berikan waktu paling lambat dua minggu. Kalau dua minggu tersebut tidak memberikan respon membayar, kita akan laporkan ke Suku Badan Pajak Jakarta Barat. Nah mereka yang akan melakukan penagihan aktif mungkin dengan instansi lain untuk tindak lanjut berikutnya,” jelasnya.

Mengenai potensi pajak di Kecamatan Taman Sari, Andri mengungkapkan untuk tahun 2017 ini ada sebesar Rp 386 miliar.

Seperti diketahui, Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (UPPRD) Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat melakukan pemasangan stiker tunggakan pajak ke objek pajak yang menunggak pembayaran PBB-P2.

Hingga saat ini ada 182 wajib pajak yang memiliki tunggakan pajak tiga tahun ke atas. Artinya, mereka belum membayarkan pajak untuk PBB-P2 selama tiga tahun lebih.

Dari jumlah 182 wajib pajak tersebut, total tunggakan yang belum dibayarkan sebesar Rp 136 miliar.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT