Jakarta Fair Kemayoran 2017 Tembus 6 Juta Pengunjung

Booth Wuling Motors di Jakarta Fair 2017, yang digelar di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, 8 Juni hingga 16 Juli 2017. (Beritasatu Photo/Herman)

Oleh: Lenny Tristia Tambun / YUD | Senin, 17 Juli 2017 | 18:35 WIB

Jakarta - Setelah berlangsung selama 39 hari, akhirnya Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017 resmi ditutup pada Minggu (16/7). Upacara penutupan digelar di Panggung Utama JFK 2017 dihadiri oleh para pimpinan Jakarta International Expo (JIExpo) dan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah.

Acara penutupan juga dimeriahkan dengan pesta kembang api spektakuler hingga penampilan dari grup band The Rain dan Sheila on 7.

Ketua Panitia Penyelenggara JFK 2017, Prajna Murdaya mengatakan untuk tahun ini, pameran terlengkap dan terbesar se-Asia Tenggara mampu menarik minat sebanyak 6 juta pengunjung. Angka ini melebihi target yang ditentukan sebanyak 5,7 juta orang. Dan juga melebihi pencapaian pengunjung pada JFK tahun lalu yang mencapai 5,2 juta orang.

Sedangkan, untuk jumlah transaksi yang terjadi pada JFK 2017 ini mencapai Rp 6,8 triliun. Angka ini juga melebihi target yang telah ditentukan sebesar Rp 6 triliun dan meningkat dibandingkan penyelenggaraan JFK 2016 yang mencapai transaksi sebesar Rp 5,8 triliun.

“Ini artinya, JFK masih menjadi agenda hiburan utama bagi warga Jakarta dan juga Indonesia. Dan pelaksanaan JFK tahun ini sukses mencapai target yang telah ditetapkan,” kata Prajna, Senin (17/7).

Diungkapkannya, produk yang menjadi penyumbang transaksi terbesar untuk tahun ini berasal dari produk-produk otomotif (sepeda motor) serta aksesorisnya. Disusul produk makanan dan minuman.

“Produk yang paling berkontribusi terhadap transaksi masih didominasi produk otomotif. Baru makanan dan minuman,” ujarnya.

Prajna mengharapkan pihaknya dapat menggelar kembali JFK 2018 dengan lebih baik. Dengan berkaca pada hasil evaluasi dari penyelenggaraan JFK tahun ini.

“Sehingga kami dapat menggelar JFK semakin baik dari tahun ke tahunnya untuk warga Jakarta dan Indonesia,” paparnya.

Sekda Saefullah memberikan apresiasi kepada PT JIExpo yang telah menggelar kegiatan JFK setiap tahunnya. Sehingga tidak terasa, tahun ini sudah merupakan pelaksanaan JFK yang ke 50 kali.

“Saya apresiasi banyaknya pengunjung ke JFK. Bahkan pada hari kerja sekalipun, masyarakat tetap memadati area JFK,” kata Saefullah.

Karena itu, ia mengharapkan penyelenggaraan JFK dapat dilakukan setiap tahunnya. Karena turut menyumbang atau berkontribusi terhadap pergerakan roda pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta.

“Dan saya berharap, SKPD DKI belajar dari penyelenggaraan JFK 2017. Hingga dapat menggelar sebuah even pameran dengan baik dan tertib,” ujarnya.

Seperti diketahui, JFK 2017 yang digelar sejak 8 Juni telah dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat, dan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita pada 14 Juni lalu.

Pameran akbar ini pun diikuti oleh sekitar 2.700 peserta pameran yang berasal dari berbagai skala usaha baik dari perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, usaha kecil, BUMN, serta anjungan pemeran provinsi dan kabupaten dari penjuru tanah air.

Penyelenggaraan tahun ini pun merupakan yang ke-50 kalinya sejak pertama diselenggarakan tahun 1968. Event ini secara rutin diadakan setiap tahun tanpa pernah terputus. Bahkan untuk tahun ini, penyelenggaran Jakarta Fair pun bertepatan dengan hari raya lebaran. Hal ini menjadikan Jakarta Fair tak hanya menjadi event pameran semata, melainkan menjadi destinasi wisata libur lebaran masyarakat dari dalam dan luar DKI Jakarta.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, semarak 50 tahun Jakarta Fair Kemayoran 2017 diisi dengan berbagai konten acara yang lebih menarik seperti konser musik terbesar di panggung utama yang diikuti oleh lebih dari 100 musisi tanah air. Selain itu, berbagai hiburan lainnya yang tak kalah seru seperti pesta kembang api spektakuler, parade karnaval JFK, cosplay contest, kontes abang-none cilik, hingga kontes kecantikan Miss Jakarta Fair.

Hari terakhir penyelenggaraan Jakarta Fair yang ke-50 ini juga ditandai dengan pengundian grandprize 3 unit mobil dan 10 unit sepeda motor. Dalam kesempatan ini, panitia penyelenggara juga mengumumkan pemenang kontes stand pameran terbaik dan pemenang karnaval terbaik.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT