Lima Perlintasan Sebidang di Jakarta Akan Ditutup

Ilustrasi rel kereta api. (Antara)

Oleh: Thresa Sandra Desfika / PCN | Sabtu, 19 Agustus 2017 | 10:37 WIB

Jakarta-Pemerintah berencana menutup lima lintasan sebidang kereta api (KA) di wilayah DKI Jakarta pada September hingga Oktober 2017.

Lima lintasan sebidang yang segera ditutup itu ialah yang terletak di Jalan Angkasa Kemayoran, Jalan Bandengan Utara, Jalan Bandengan Selatan, Jalan Tubagus Angke, dan Jalan KH Hasyim Ashari.

Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Edi Nursalam mengatakan, frekuensi perjalanan kereta api (KA) makin bertambah terutama yang melalui wilayah Jabodetabek.

Karena itu, untuk menjamin perjalanan itu dan menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas maka perlu setiap perlintasan sebidang perlu ditutup.

"Kami secara bertahap menutup perlintasan sebidang. Untuk lima perlintasan sebidang yang ditutup itu sudah ditunjang dengan akses jalan flyover maupun underpass sehingga lalu lintas kendaraan dapat terus berjalan meski perlintasan sebidang ditutup," jelas Edi di Jakarta, Sabtu (19/8).

Edi menyebutkan, pemerintah DKI Jakarta sebenarnya sudah membangun flyover maupun underpass yang melewati 19 lintasan sebidang. Sampai sekarang, dari jumlah itu, sudah ada 10 lintasan sebidang yang ditutup.

"Karenanya, kami terus melakukan penutupan pelintasan sebidang yang sudah ada flyover maupun underpass. Seluruh lintasan sebidang yang sudah ada flyover maupun underpass ya harus ditutup. Kami sudah mulai sosialisasikan untuk yang lima titik ini dan Oktober tutup permanen," kata Edi.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT