The Power of Heroes

Peran Penting Musik dalam Kemerdekaan Republik Indonesia

Ahmad Albar saat tampil di konser musik The Power of Heroes di Dim Sum Festival, Kemang, Jakarta, Jumat 18 Agustus 2017. (istimewa)

Oleh: F Rio Winto / YUD | Sabtu, 19 Agustus 2017 | 15:45 WIB

Jakarta - Musisi Tanah Air menggelar konser musik bertajuk The Power of Heroes dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Dim Sum Festival, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (18/8) malam.

Bagi musisi Tanah Air, perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia tidak hanya melalui senjata dan diplomasi, namun juga melalui bidang seni.

Salah satu seni yang digunakan sebagai media perjuangan adalah seni musik. Seniman-seniman Indonesia yang hidup pada masa perjuangan turut berperan serta dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajah.

Lagu Bagimu Negeri, misalnya. Lagu ciptaan Kusbini itu menunjukkan semangat nasionalisme dan patriotisme serta rasa cinta mendalam terhadap Indonesia. Berdasarkan sejarah panjang perjuangan seluruh rakyat Indonesia, musisi Tanah Air selalu berusaha mengenang seluruh jasa-jasa pahlawan dengan melantunkan kembali lagu-lagu nasional.

"Selamat Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Indonesia selalu jaya. Walaupun berbeda-beda tetap satu," kata Ahmad Albar, legenda hidup musisi rock Tanah Air.

Dalam konser yang diprakarsai praktisi musik Bang Ucup dan Maxi Bahajjaj itu juga diisi dengan pembacaan puisi Aku Melihat Indonesia karya Bung Karno oleh Hariyanto Boejl yang telah diaransemen menjadi lagu oleh Utox Londalo bersama cucu Bung Karno, Prananda Prabowo. Hariyanto Boejl pun turut menyanyikan Bung Hatta dan Bagimu Negeri.

Tidak ketinggalan vokalis Audiensi Band, Akman membawakan lagu Negeriku karya Chrisye. Dan, Meiske Harahap menyanyikan lagu Bendera. Acara itu juga didukung oleh Isa Raja dan Deddy Dhukun.

"Generasi muda harus terus berkarya sesuai dengan bidang profesinya masing-masing demi kemajuan Republik Indonesia tercinta. Hal terpenting saat ini adalah seluruh rakyat Indonesia harus bersatu padu dalam segala perbedaan. Semoga blantika musik Tanah Air bisa memberikan inspirasi bagi generasi penerus bangsa," tutur Bang Ucup yang selalu mengenakan blangkon, penutup kepala tradisional budaya Jawa.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT