Dalam Sehari Pemilik 60 Mobil Mewah Bayar Pajak

Mobil mewah di sebuah kompleks elite di Jakarta. (B1/Lenny Tristia Tambun)

Oleh: Lenny Tristia Tambun / AB | Rabu, 23 Agustus 2017 | 16:01 WIB

Jakarta - Pelaksanaan penagihan pajak kendaraan bermotor (PKB) terhadap kendaraan bermotor mewah yang dilakukan, Selasa (22/8), oleh Ditlantas Polda Metro Jaya dan Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI ke rumah beberapa artis Ibu Kota ternyata membuahkan hasil. Terbukti, dalam waktu satu hari, pajak 60 mobil mewah yang tertunggak langsung dibayar pemiliknya.

Kepala BPRD DKI Edi Sumantri mengatakan langkah penegakan hukum yang dilakukan kemarin telah membuahkan hasil yang menggembirakan.

"Kami akan lakukan terus langkah penagihan door to door supaya semakin banyak yang membayar sebelum tenggat waktu 31 Agustus," kata Edi di kantor BPRD DKI di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Rabu (23/8).

Tercatat, dari 1.700 mobil dan motor mewah yang menunggak PKB. Setelah pajak 60 mobil mewah dibayar, sekarang tinggal 1.640 kendaraan mewah yang belum melunasi tunggakannya.

"Kami masih menunggu niat baik para pemilik kendaraan mewah untuk membayar pajak," ujarnya.

Edi mengharapkan seluruh kendaraan mewah yang menunggak PKB dapat segera melunasi tunggakannya tepat pada 31 Agustus 2017 dan mendapat keringanan berupa penghapusan bunga denda. Setelah itu, pihaknya akan melakukan tindakan tegas terhadap kendaraan mewah yang tidak membayar tunggakan pajak.

Sebab, tunggakan PKB dari 1.700 kendaraan mewah mencapai Rp 400 miliar. Angka ini merupakan bagian dari total tunggakan PKB di Jakarta sebesar Rp 1,6 triliun. Total kendaraan bermotor di Jakarta yang menunggak PKB sebanyak 4,3 juta unit. 




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT