PT KCJ Selesai Evakuasi Kereta Anjlok di Stasiun Kota

Sejumlah petugas mengevakuasi rangkaian kereta rel listrik (KRL) nomor 1340 relasi Jakarta Kota-Bekasi yang anjlok di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, 14 September 2017. (Antara/Aprilio Akbar)

Oleh: Mikael Niman / PCN | Kamis, 14 September 2017 | 19:37 WIB

Bekasi- PT PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) telah mengevakuasi kereta api (KA) 1340 yang anjlok di Stasiun Kota, Kamis (14/9) siang. Kereta jurusan Bekasi-Kota ini, telah berhasil dievakuasi sekitar pukul 16.00 WIB.

"‎Kami telah mengevakuasi kereta 1340 dan memastikan keamanan jalur lintasan, saat ini telah dilakukan pemeriksaan oleh tim prasarana," ujar VP Komunikasi PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), Eva Chairunisa, Kamis (14/9).

Sejak proses evakuasi selesai dilakukan, kata dia, dalam satu jam ke depan atau sekitar pukul 17.00 WIB, pihaknya masih membatasi perjalanan kereta rel listrik (KRL) dari dan menuju Jakarta Kota untuk relasi Bogor dan Bekasi.

"Tidak semua perjalanan KRL untuk lintas Jakarta Kota-Bogor atau Bekasi dapat beroperasi melintasi Manggarai-Jakarta Kota," tuturnya.

‎Sebagian perjalanan masih akan dilewatkan jalur alternatif seperti Tanah Abang-Kampung Bandan untuk KRL dari arah Bogor dan jalur alternatif Pasar Senen-Kampung Bandan untuk KRL dari arah Bekasi. Sementara sebagian lainnya masih ada yang hanya mengakhiri perjalanan sampai dengan Stasiun Manggarai.

Untuk mempercepat waktu tempuh, PT KCJ mengimbau kepada seluruh pengguna khususnya di stasiun yang berada pada lintas Jakarta Kota-Manggarai agar menggunakan moda transportasi lain sampai dengan Stasiun Manggarai. "Apabila tetap ingin menggunakan jasa KRL menuju Bekasi dan Bogor, pengguna jasa dapat menggunakan KRL kembali menuju Bogor dan Bekasi dari Stasiun Manggarai," imbuhnya.

Tak lupa, kata dia, PT KCJ mengucapkan permohonan maaf atas gangguan operasional KRL yang terjadi pada lintas Jakarta Kota.

Sebelumnya, diberitahukan perjalanan KRL dari dan menuju Jakarta Kota untuk relasi Bogor dan Bekasi hanya dapat dilayani oleh satu jalur bergantian di Stasiun Jakarta Kota. Dengan keterbatasan jalur tersebut maka tidak semua perjalanan KRL untuk lintas Jakarta Kota-Bogor atau Bekasi dapat melalui lintas Manggarai-Jakarta Kota.

Gangguan perjalanan KRL disebabkan dampak dari anjloknya KA 1340 relasi Jakarta Kota-Bekasi di wilayah Stasiun Jakarta Kota pukul 09.40 WIB. ‎Seluruh pengguna jasa pada KA telah dialihkan ke Stasiun Jakarta Kota.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT