Kodim Bogor dan Jungeland Gelar Pameran Senjata

Pengunjung ramai melakukan swafoto di kendaraan militer TNI Astros II di wisata Jungleland, Sentul, Kabupaten Bogor. (Beritasatu Photo/Vento Saudale)

Oleh: Vento Saudale / WBP | Minggu, 8 Oktober 2017 | 12:11 WIB

Bogor- Sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) dipamerkan bagi pengunjung wisata Jungleland, Sentul, Kabupaten Bogor. Pameran yang berlangsung selama dua pekan ini diharapkan memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas.

Marketing dan Komunikasi Mey Jungleland, Ranti Ramadhani menuturkan, acara bertajuk “The Army” yang diselenggarakan mulai 7 hingga 29 Oktober 2017 ini memamerkan belasan kendaraan taktis militer dan puluhan senjata milik TNI. “Acara ini diusung dengan kerja sama The Jungleland dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0621 Bogor dalam memperingati hari jadi ke-72 TNI,” kata Mey, Minggu (8/10).

Sebagai kado istimewa, lanjut Mey, Jungleland juga memberikan potongan harga tiket 50 persen dari Rp 205.0000 bagi anggota TNI yang akan masuk ke wahana wisata Jungeland. Syaratnya, anggota TNI cukup menunjukkan kartu identitas keanggotaan. “Potongan setengah harga juga berlaku bagi pengunjung yang mengenakan pakaian/atribut TNI,” tambah Mey.

Sementara Kodim 0621 Kabupaten Bogor, Letkol (inf) Fransisco yang hadir dalam acara pembukaan mengatakan, kegiatan ini mengenalkan peran TNI kepada masyarakat luas. “Kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pertahanan persenjataan sekaligus memberikan informasi tugas pokok TNI dalam menjaga keutuhan NKRI,” paparnya.

Kegiatan ini juga sebagai ajang mempromosikan TNI kepada masyarakat. "Tidak sedikit pengunjung yang datang mengungkapkan keinginannya menjadi tentara TNI," kata dia.

Adapun persenjataan yang dipamerkan cukup lengkap dari berbagai angkatan dan divisi, mulai persenjataan milik Kostrad, Korem, Zeni, dan milik TNI AU Atang Sandjaja.

Berdasarkan pengamatan, yang paling sering dikunjungi untuk swafoto adalah kendaraan taktis peluncur roket Astros II. Kendaraan asal Brazil ini, merupakan kendaraan pelontar meriam dengan jelajah 600 km dengan kecepatan 80 km per jam.

Salah seorang pengunjung Gugum (39) yang berlibur bersama keluarga dari Garut, Jawa Barat mengaku kagum dengan semua peralatan yang dipamerkan. “Biasanya melihat persenjataan TNI lewat televisi, sekarang bisa lihat langsung dan diberi tahu jenis dan fungsinya. Sangat bermanfaat,” terang dia.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT