KA Bandara Soekarno Hatta Beroperasi 25 November

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) saat berbincang dengan salah penumpang kereta api ketika melakukan kunjungan ke Stasiun Kereta Api Palmerah, Jakarta. (istimewa)

Oleh: Thresa Sandra Desfika / CAH | Minggu, 8 Oktober 2017 | 12:52 WIB

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemhub) menargetkan kereta api (KA) Bandara Soekarno Hatta beroperasi mulai 25 November 2017. Saat ini, progres pembangunan prasarana KA bandara itu sudah mencapai 90 persen.

"Jadi pembangunan ini sudah sesuai dengan target. KA Bandara ini 25 November 2017 sudah beroperasi. Saat ini progresnya mencapai 90 persen. Semuanya ada 11 km, yang belum tersambung 1-2 km," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam siaran pers, Minggu (8/10).

Lebih lanjut, Budi menyampaikan, pembebasan lahan proyek ini sudah tuntas dan PT KAI sekarang tengah menggenjok pengurukan tanah dan pembangunan rel.

"Masalah lahan sudah selesai, elektrifikasi sudah terpasang semuanya, hanya tinggal konstruksi, penyelesaian pengurukan, dan pembuatan rel," jelas Menhub.

Budi mengatakan, nantinya waktu tempuh KA bandara diperkirakan 45 menit dengan interval kedatangan kereta setiap 30 menit. Dengan pengoperasian KA ini diharapkan menambah pilihan bagi masyarakat yang akan dari dan menuju ke bandara.

"Sekarang ini ke bandara bisa dua jam, kami perkirakan dengan kereta bandara bisa ditempuh dalam waktu 45 menit. Sedangkan untuk interval waktu kedatangan kereta setiap 30 menit, namun akan ditingkatkan menjadi 15 menit," terang Menhub.

Sebagai informasi, total panjang jalur KA bandara dari Manggarai menuju Soekarno Hatta adalah 37,12 km dengan rincian Stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman sepanjang 3,18 km, Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri sepanjang 6,47 km, Stasiun Duri-Stasiun Batuceper sepanjang 15,68 km, dan Stasiun Batuceper- Stasiun Bandara Soetta sepanjang 11,78 km.

Penggunaan prasarana untuk kereta bandara akan menggunakan jalur eksisting sepanjang 24,2 km dan 12,1 km jalur baru dengan total pengadaan 10 train set.

Sementara itu, KA bandara memiliki empat relasi diantaranya relasi Jakarta-Soekarno Hatta dengan 20 perjalanan, relasi Soekarno Hatta-Jakarta dengan 20 perjalanan, relasi Manggarai-Duri-Soekarno Hatta dengan 21 perjalanan dan relasi Soekarno Hatta-Duri-Manggarai dengan 21 perjalanan.

KA bandara sendiri akan melalui lima stasiun diantaranya, Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno Hatta.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT