45 Hari Pertama, Anies Akan Fokus Bahas RAPBD DKI 2018

Anies Baswedan (Beritasatu.com/Vento Saudale)

Oleh: Lenny Tristia Tambun / JAS | Kamis, 12 Oktober 2017 | 12:17 WIB

Jakarta – Meski tidak mau berkomentar mengenai program yang akan dikerjakan pada 100 hari pertama menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan pada 45 hari pertama ia bekerja sebagai gubernur DKI, ia akan fokus membahas dan merampungkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2018.

“Untuk programnya nanti dong tanyanya. Nanti saja. Jadi program kita bicarakan sesudah pelantikan saja. Salah satu fokus utama begitu mulai bekerja, langsung soal 45 hari pertama, kita akan banyak fokus di RAPBD DKI 2018,” kata Anies seusai melakukan fitting dan sesi pemotretran di Jalan Tirtayasa II, Kebayoran, Jakarta Selatan, Kamis (12/10).

Ia ingin memastikan apa yang ia dan Sandiaga Uno janjikan saat kampanye telah tertuang dalam RAPBD DKI 2018. Sehingga dapat dilaksanakan dan dijalankan untuk kepentingan warga dan Kota Jakarta.

“Dan kita semua ingin memastikan apa yang kita janjikan sampai pada pelaksanaan. Bisa berjalan semuanya,” ujarnya.

Selama ini, ia hanya memantau perkembangan pembahasan RAPBD DKI 2018 dari luar, karena ia belum resmi dilantik menjadi Gubernur DKI. Sehingga ia tidak bisa leluasa melihat isi dari anggaran daerah untuk kegiatan di tahun 2018.

Menurutnya, pembahasan RAPBD DKI bagaikan sebuah kerja yang tidak terlihat secara kasat mata, tetapi akan menjadi penentu dalam pelaksanaan pembangunan di lapangan.

“Karena itu, 45 hari pertama kita, menjadi 45 hari yang menentukan. Karena di situlah slot untuk memastikan semua masuk. Dan alhamdulilah, tim sinkronisasi me-review semuanya. Sudah kelihatan,” terangnya.

Dari hasil review tim sinkronisasi, lanjutnya, ada program kerja yang sudah dimasukkan ke dalam RAPBD DKI. Tetapi masih juga banyak program kerja yang belum dimasukkan dalam anggaran 2018.

“Ada yang sudah dimasukkan dan ada yang belum. Kenapa belum? Karena kami belum memiliki otoritas. Jadi kemarin kami tidak bisa menentukannya. Tetapi besok, kami sudah bisa kerja. Kami akan panggil semuanya bahwa semua yang menjadi program kami akan berjalan,” paparnya.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT