Polisi Pastikan Jalur Puncak Kembali Normal

Suasana warga yang melakukan pembongkaran bangunan liar di Sepanjang Jalur Puncak, Ciloto Cianjur. (BeritaSatu Photo/Vento Saudale)

Oleh: Vento Saudale / FMB | Kamis, 12 Oktober 2017 | 14:25 WIB

Cianjur - Warganet dihebohkan dengan menyebarnya beberapa foto dan video peristiwa kerusuhan yang terjadi di Jalur Puncak, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Dari informasi yang dihimpun, foto dan video viral tersebut menggambarkan suasana kekacauan yaitu bangunan warung yang rusak di Jalur Puncak. Selain itu, terdapat barang-barang yang terbakar di badan jalan.

Di dalam foto dan video yang beredar juga memperlihatkan adanya kerumunan orang di sekitar lokasi kejadian. Arus lalu lintas pun mengalami kemacetan karana banyaknya puing bangunan yang berserakan.

Peristiwa itu membuat banyak pengguna jalan yang melintas mengabadikan dan mengunggahnya ke media sosial. Banyak dari warganet yang mengira foto dan video tersebut merupakan peristiwa kerusuhan.

Kapolsek Pacet, Kompol Rusdi Hayat menjelaskan bahwa foto dan video yang beredar bukan peristiwa kerusuhan. Melainkan bentuk kekecewaan dari para pedagang di Jalur Puncak karena lapaknya akan dibongkar.

"Bukan kerusuhan. Kemarin sore pedagang bongkar lapaknya sendiri terus ada yang bakar-bakar di jalan. Itu kekecewaan mereka lapaknya mau dibongkar," kata Rusdi, saat dikonfirmasi Kamis (12/10).

Rusdi menambahkan, bahwa sebenarnya jadwal pembongkaran lapak pedagang baru akan dilakukan Kamis pagi. Namun, hal tersebut masih dirapatkan kembali oleh pemerintah di tingkat desa dengan para pedagang.

"Pembongkaran lapak pedagang itu memang rencana dari Pemerintah Daerah Cianjur. Harusnya jadwal pembongkaran hari ini, tapi sekarang sedang dirapatkan lagi di desa setempat," jelasnya.

Meski di dalam foto dan video yang beredar terlihat kekacauan, tidak ada korban luka maupun bentrokan. Kondisi saat ini di lokasi juga sudah berangsur kondusif dan arus lalu lintas berjalan normal.

"Tidak ada korban. Kemarin anggota langsung ke lokasi membersihkan puing-puing bangunan karena mengganggu arus lalu lintas. Hari sudah normal kembali," tambahnya.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT