Dukcapil Bogor Belum Terima Pemohon Kolom Kepercayaan

Kartu Tanda Penduduk (KTP). (Beritasatu Photo/Vento Saudale)

Oleh: Vento Saudale / WBP | Selasa, 14 November 2017 | 11:13 WIB

Bogor- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor belum menerima pemohon yang ingin memperbaharui data pribadi terkait pencatuman kolom kepercayaan pada Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

"Sekarang belum ada. Dulu juga belum ada. Nanti sebelum sistem aplikasinya diganti, kalau ada kita akan tampung dulu datanya," kata Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Dodi Ahdiat, di Bogor, Selasa (14/11).

Dodi menambahkan, nantinya untuk para pemohon penganut kepercayaan yang akan melakukan perekaman e-KTP tidak bisa langsung dicetak karena tetap harus menunggu antrean yang sudah melakukan perekaman sejak 2016. "Saat ini masih menunggu sistem dari pusat terkait penambahan kolom bagi penghayat kepercayaan. Aplikasi/alat cetak kan harus diganti, setelah aplikasi dari pusat keluar baru kita cetak, tapi tetap antre dengan pemohon yang sudah merekam duluan," jelasnya.

Meski demikian, bagi para penghayat penganut kepercayaan yang ingin melengkapi dokumen administrasi kependudukan dipersilakan mendatangi kantor Disdukcapil Kota Bogor. "Silakan datang langsung ke kantor kami," tandasnya.

Seperti diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengeluarkan putusan yang membatalkan Pasal 61 ayat (1) dan Pasal 64 ayat (1) UU Administrasi Kependudukan pada Selasa 7 November 2017. MK memutuskan bahwa pasal tersebut bertentangan dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Dengan putusan tersebut, negara wajib mengakui dan menulis ‘Penghayat Kepercayaan’ dalam kolom agama, yang terdapat dalam e-KTP.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT