Ciptakan Tertib Lalu Lintas, Anies Buka Operasi Lintas Jaya 2018

Ciptakan Tertib Lalu Lintas, Anies Buka Operasi Lintas Jaya 2018
Petugas kepolisian mengatur lalu lintas di jalan layang Pancoran usai dibuka di Jakarta, 15 Januari 2018. ( Foto: Antara / Galih Pradipta )
Deti Mega Purnamasari / WBP Selasa, 16 Januari 2018 | 10:00 WIB

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membuka Operasi Lintas Jaya 2018 dalam apel kesiagaan di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Selasa (16/1). Operasi Lintas Jaya 2018 merupakan operasi gabungan antara Pemprov DKI yakni Dinas Perhubungan dengan polisi dan TNI.

Tujuannya untuk menciptakan kondisi lalu lintas (lantas) yang tertib dan aman. Selain itu, untuk pengendalian tertib administrasi angkutan umum dan angkutan barang, termasuk meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas bagi masyarakat serta pengamanan titik-titik rawan. "Fokus utama Operasi Lintas Jaya 2018 adalah simpul-simpul kemacetan dan tempat-tempat di mana di sana sering terjadi praktik-praktik pelanggaran," ujar Anies di lokasi.

Adapun wilayah operasi di Jakarta Pusat meliputi kawasan Senen, Roxy, Harmoni, dan Tanah Abang; Jakarta Utara mencakup Kelapa Gading, Bintang Mas, Pluit, Marunda, dan Cilincing; Jakarta Barat mencakup Grogol, Glodok Mas, Kota Tua, dan Sllipi; Jakarta Selatan meliputi Lebak Bulus, Pondok Pinang, Blok M, Mampang, dan Kasablanka, serta Jakarta Timur mencakup Terminal Kampung Melayu, Jatinegara, Matraman, Rawamangun, Pulogadung, dan Kampung Rambutan.

Anies mengatakan, bagi yang melakukan pelanggaran seperti penyimpangan trayek, kendaraan umum ngetem, parkir liar, hingga melawan arah, harus ditindak. "Termasuk di terminal-terminal, pastikan kelengkapan surat angkutan umum, pastikan pengemudi berseragam, memiliki seluruh kelengkapan, kesehatan terjamin, pastikan keamanan dan ketertiban lingkungan menyangkut keselamatan penumpang dan warga di sekitar terminal," terangnya.

Meski sasaran Operasi Lintas Jaya 2018 di lintasan dan terminal, namun Anies mengharapkan para petugas membantu memunculkan kesadaran warga supaya tertib berlalu lintas.

Dari laporan Dinas Perhubungan DKI mengenai hasil penindakan tahun 2016, maka kondisi lalu lintas tahun 2017 lebih disiplin dan tertib.

Operasi Lintas Jaya 2018 didukung 596 personel gabungan dengan perincian 95 personel TNI, 149 orang Polda Metro Jaya, dan 352 orang Dinas Perhubungan DKI Jakarta.



Sumber: Suara Pembaruan