Demo Mahasiswa Bubar, Situasi Kondusif

Demo Mahasiswa Bubar, Situasi Kondusif
Ilustrasi demo mahasiswa. ( Foto: Antara )
Bayu Marhaenjati / YUD Jumat, 14 September 2018 | 19:43 WIB

Jakarta - Massa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) wilayah Jabodetabek dan Banten, telah membubarkan diri setelah menggelar aksi unjuk rasa bertajuk "Bela Rupiah", di depan Kantor Kementerian Keuangan, Jalan Dr Wahidin, Jakarta Pusat. Situasi terpantau aman dan kondusif.

"Massa mahasiswa sudah membubarkan diri," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, kepada Beritasatu.com, Jumat (14/9).

Dikatakan, setelah menggelar unjuk rasa, massa mulai membubarkan diri sekitar pukul 17.50 WIB. Aksi berlangsung kondusif dan aman. "Aman terkendali. Situasi kondusif," ungkapnya.

Diketahui, massa aksi menggelar unjuk rasa bertajuk "Bela Rupiah" terkait lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Tuntutan mahasiswa antara lain mendesak pemerintah agar tetap menjaga stabilitas harga bahan pokok di tengah melemahnya nilai tukar rupiah tanpa harus mengintimidasi produk-produk lokal.

Kemudian, meminta pemerintah untuk mempermudah akses peminjaman usaha dengan menjaga suku bunga kredit yang rendah. Mendorong pemerintah untuk memperluas ekspor dengan mencari pasar alternarif ekspor dan mengurangi impor.

Selain itu, menghimbau masyarakat agar meningkatkan penggunaan produk lokal dan mengurangi konsumsi produk asing. Selanjutnya, mengajak masyarakat untuk tidak menukarkan rupiah ke dolar dan memperbanyak transaksi dengan rupiah agar nilai rupiah menguat.



Sumber: BeritaSatu.com