Ilustrasi pawai.
Karnaval yang dimulai pada pukul 16.00 WIB ini dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang didampingi beberapa pejabat Pemerintah Provinsi.

Pawai dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-485 DKI Jakarta, Jakarnaval 2012, yang berlangsung di sepanjang ruas jalan Balai Kota hingga Bundaran HI, Jakarta, berlangsung meriah, Minggu (10/6).

Karnaval yang dimulai pada pukul 16.00 WIB ini dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang didampingi beberapa pejabat Pemerintah Provinsi.

Ratusan warga tampak antusias melihat pawai mobil antik, mobil hias, mobil panggung dan atraksi tarian daerah dalam karnaval yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ini.

Para peserta karnaval juga memberikan sambutan dengan melambaikan tangan dan bersalaman dengan para warga yang sebagian besar menyaksikan pawai dan membawa keluarganya.

Peserta yang sebagian besar mengenakan pakaian daerah juga tidak keberatan untuk melayani permintaan warga untuk berfoto bersama ketika rombongan karnaval tampak tersendat kerumunan masyarakat.

Cuaca mendung bahkan tidak menyurutkan antusiasme warga dari luar Jakarta untuk hadir menyaksikan pawai ini.

Warga dari Tangerang, Supriyadi datang bersama keluarganya untuk melihat karnaval yang menurut rencana berakhir di Jalan Sudirman ini.

"Saya tahunya dari koran, mas. Mengajak keluarga sekalian menikmati suasana sore," ujarnya yang tidak khawatir dengan kemungkinan datangnya hujan.

Sementara, warga Bekasi, Anny mengaku baru tahu ada karnaval untuk memperingati hari ulang tahun kota Jakarta.

"Baru tahu. Tapi bagus juga kalau ada acara seperti ini. Biar meriah," kata dia yang awalnya ingin menghabiskan sore di Monas.

Dengan adanya penyelenggaraan Jakarnaval ini maka ruas Jalan Medan Merdeka Selatan hingga Jalan M.H. Thamrin ditutup pada pukul 15.00 WIB-18.00 WIB.

Sebelumnya, Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Tinia Budiati mengatakan kegiatan karnaval ini bertujuan meningkatkan daya tarik pariwisata di Ibu Kota Indonesia itu.

Para peserta Jakarnaval, kata dia, tidak hanya peserta dari Jakarta, tetapi juga dari provinsi lain, seperti Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Papua, dan Jambi.

Total peserta pada Jakarnaval, sekitar 3.151 orang, terdiri atas 148 motor Harley Davidson Club Indonesia, komunitas motor antik Indonesia, Scooter, dan Ikatan Sporty Harley Davidson.

Kemudian, 140 sepeda, 56 grup arak-arakan seni budaya, dan 25 unit mobil hias dari instansi pemerintahan.

Penulis: