Sejumlah petani tembakau yang tergabung dalam KNPK  berdoa bersama saat dilaksanakan aksi blokir jalan menentang RPP tentang pertembakuan di jalan raya Kota Parakan, Temanggung, Jateng,  aksi  blokir jalan oleh puluhan ribu petani tembakau tersebut serentak dilakukan di empat lokasi di Jawa Tengah yaitu Temanggung, Kudus, Weleri dan Boyolali  (22/12/11). FOTO  : ANTARA/Anis Efizudin.
Ada sekitar 100 bus dari Jawa Tengah mengangkut petani ke Jakarta.

Esok ribuan petani tembakau berdemo menolak RPP Tembakau. Demo pertama pada Selasa (3/7) di Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Hukum dan HAM, dan Kementerian Kesehatan.

Selanjutya pada Rabu (4/7) aksi serupa di beberapa lembaga antitembakau, yakni di Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Komisi Perlindungan Anak Indonesia, dan di Indonesian Coroption Watch.

“Hari ini, ribuan petani tembakau di Temanggung, Jawa Tengah,  ke Jakarta untuk melakukan demonstrasi menolak rencana pengesahan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang tembakau,” sebut Sekretaris Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Temanggung, Agus Setyawan, Senin (2/6).
 
Agus menyatakan, ribuan petani asal Temanggung bergabung dengan rombongan petani dari Wonosobo, Kendal, Boyolali, Jawa Timur, dan Jawa Barat di Jakarta untuk menolak RPP tembakau. 

“Ada sekitar 100 bus dari Jawa Tengah mengangkut petani ke Jakarta,” sebut Agus yang

Subakir Kepala Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo mengatakan, satu bus warga Legoksari ikut berangkat aksi ke Jakarta.

"Untuk ikut berangkat ke Jakarta mereka rela untuk mengeluarkan Rp 200 ribu per orang. Jadi kami tidak dibayar, tetapi kami iuran untuk ikut demo," katanya.

Ia mengatakan, petani yang tidak bisa ikut demo ke Jakarta, mereka rela membantu secara suka rela Rp50 ribu per orang untuk keperluan akomodasi di Jakarta.  Subakir mengatakan, rencananya RPP Tembakau akan disahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan ini, maka petani berupaya agar RPP itu tidak disahkan.

"Kami berharap supaya RPP Tembakau itu tidak disahkan dan mulai lagi disusun RPP dari awal dengan melibatkan petani tembakau," katanya.

Penulis: