Poster setop sirkus lumba-lumba keliling.
Perusahaan Lottemart tidak memberikan izin lokasi pertunjukan sirkus keliling.

PT Lotte Shopping Indonesia melalui surat langsung dari Presiden Direktur, Joseph Buntaran, akhirnya mendukung penghentian sirkus lumba-lumba keliling yang masih terus terselenggara.
 
"PT LotteMart menyatakan mendukung upaya penyelamatan satwa liar yang dilindungi seperti lumba-lumba, kakak tua jambul kuning, dan lainnya," tulis Joseph dalam pernyataan resminya, hari ini.

Pramudya, Ketua Jakarta Animal Aid Network (JAAN), mengungkapkan bahwa dua hari lalu mendapat berita positif dari perusahaan Lottemart dengan tidak memberikan izin lokasi pertunjukan sirkus keliling.
 
Mantan Putri Indonesia Nadine Chandrawinata, presenter Riyanni Djangkaru, dan musisi Coki Netral, JAAN, bersama dengan Change.org, akan segera mempublikasikan video penyelamatan lumba-lumba.
 
"Sebuah video mengenai penyelamatan lumba-lumba. Video ini ke depan akan  berkembang dan beberapa 'public figure' dan dari internasional juga akan ikut serta," kata Pram.
 
Pram dan seluruh pendukung mengaku senang karena sebelumnya Giant, Carrefour, dan Hero juga mendukung petisi tersebut. Dirinya juga berkomitmen akan terus berkampanye sosial hingga tidak ada lagi pelanggaran pada satwa liar.
 
"Video bisa diakses di media YouTube mulai Minggu(14/10) nanti,  berbarengan dengan acara Social Media Festival 2012," kata Pram.
 
Riyanni Djangkaru, salah satu pembaca acara petualang di TV swasta  menyatakan petisi penyelamatan satwa liar adalah kepedulian bersama.
 
"Akan semakin menarik kalau banyak yang tertarik. Banyak teman-teman yang mendukung sampai kelompok ibu rumah tangga juga ikut," katanya yang juga hadir di kantor Change.org hari ini.
 
Riyanni menyarankan seluruh masyarakat sebagai konsumen untuk memilah-milah mana konsumsi yang baik. "Yang benar itu kan situs alamnya yang dipelajari, bukan lumba-lumbanya di laut yang ditonton dibawa kemana-mana," ungkapnya menyayangkan.

 


Penulis: