Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memulai masa kerja pertamanya dengan mengunjungi permukiman padat penduduk di Pademangan, Jakarta. FOTO: Safir Makki/ JAKARTA GLOBE
Kekecewaaan kembali menghiasi wajah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat mengunjungi kantor Kelurahan Cempaka Putih Timur dan Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (23/10) pagi.

Bukan hanya melihat para pegawai kelurahan dan kecamatan yang belum datang semuanya, tetapi juga melihat pimpinan mereka belum sampai di kantor.

Padahal jam sudah menunjukkan pukul 09.00 WIB. Sementara jam kerja masuk pegawai negeri sipil (PNS) yang resmi adalah pukul 07.30 WIB.

Di kantor Kelurahan Cempaka Putih Timur, mantan Wali Kota Solo itu hanya melihat sekitar tujuh pegawai yang masih duduk-duduk di kursi kerjanya, bahkan ada yang mengobrol.

Berbeda dengan kunjungannya yang selalu disambut dengan senyuman dan foto bersama, kali ini para pegawai kelurahan hanya terdiam dan mengikuti setiap langkah Jokowi saat meninjau ruangan.

Di sana Jokowi meninjau ruangan yang jadi kantor Lurah Cempaka Putih Timur Ety K yang masih kosong. Dia tidak bertanya, hanya terdiam sesaat melihat ruangan kosong tersebut.

Lalu langkah Jokowi dilanjutkan ke kantor pelayanan e-KTP. Di sana dia melakukan simulasi e-KTP dengan duduk di tempat duduk untuk foto serta berbincang-bincang dengan staf kelurahan mengenai pelayanan e-KTP yang dilaksanakan di kantor kelurahan tersebut.

Tanpa banyak bicara, Jokowi meninggalkan kantor Kelurahan Cempaka Putih Timur menuju Kijang Innova B 1123 RFR yang dikendarainya. Sidak dilanjutkan ke kantor Kecamatan Cempaka Putih. Hal yang sama juga ditemuinya di kantor tersebut, tak ada Camat Cempaka Putih, yang ada hanya Wakil Camat Cempaka Putih Poppy Purnama.

Akhirnya, Jokowi berkeliling kantor kecamatan ditemani Wakil Camat Poppy Purnama. Secara khusus, Jokowi menyoroti masalah prosedur perizinan di Kecamatan Cempaka Putih. Dia pun melakukan simulasi prosedur perizinan di ruangan Seksi Dinas Penertiban dan Pengawasan Bangunan (P2B) Pelayanan Permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Lalu dia meninjau loket pelayanan masyarakat yang masih tertutup, tetapi didepan loket sudah ada papan dengan tulisan ‘BUKA'. "Lho kok ini ditulis dibuka, tapi loketnya masih tutup," tanyanya yang langsung menyuruh papan penutup loket dibuka.

Namun ada kejadian lucu, setelah sidak Jokowi langsung masuk ke mobilnya. Saat masuk ke mobilnya, Camat Cempaka Putih Asril Rizal baru datang. Karena tidak sempat bertemu, akhirnya Asril Rizal hanya bisa melambaikan tangannya kepada Jokowi yang mobilnya sudah melaju pelan.

Penulis: