Terdakwa  John Kei dikawal petugas kepolisian  saat mengikuti sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. FOTO: Afriadi Hikmal/ JAKARTA GLOBE
Polda Metro Jaya, berencana melimpahkan 99 tersangka kasus bentrokan kelompok John Kei kontra Hercules terkait sengketa lahan di Taman Palem  Cengkareng dari Ruang Tahanan (Rutan) Direskrimum dan Narkoba Polda  Metro Jaya ke Rutan Cipinang, Kamis (25/10).
 
Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, sekitar pukul 12.30 WIB, puluhan  anggota gabungan Reskrim, Sabhara dan Brimob Polda Metro Jaya sudah  disiapkan untuk mengawal enam bus yang akan digunakan untuk mengantar  para tahanan di depan Ruang Tahanan Narkoba Polda Metro Jaya.
 
Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol Suntana, menuturkan setelah berkas P21, pihaknya kemudian melakukan penyerahan tahap dua.
 
"Kami lakukan penyerahkan tahap kedua, terkait berkas Pasal 335 dan UU  Darurat No. 12 tahun 1951. Mereka tersangka kasus bentrok di Cengkareng  dua bulan lalu," katanya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (25/10).
 
Suntana menyampaikan, para tersangka akan dipindahkan ke Rutan Cipinang. Ada pengawalan dari anggota kepolisian.
 
"Penyerahan akan dilakukan ke Rutan Cipinang dan ada pengawalan. Kami  lakukan pemindahan sesuai SOP. Borgol satu persatu dan ada pengawalan  petugas Brimob bersenjata untuk menghindari hal yang tak diinginkan,"  tambahnya.
 
Diketahui, Polres Jakarta Barat menitipkan 99 tahanan ke Polda Metro Jaya, Rabu (29/8). Penitipan tahanan, dilakukan karena ruang tahanan Polres Jakarta Barat penuh.
 
Sebelumnya, Kelompok John Kei diduga menyerang terhadap kelompok Hercules, di Komplek Seribu Ruko, Taman Palem, Jalan Kamal Raya Outer Ring Road, Cengkareng Barat, Jakarta Barat, Selasa (28/8). 

Pascabentrokan, polisi mengamankan 105 orang dan menetapkan 99  tersangka, kesemuanya dari kubu kelompok Kei.
 
Dari analisis, gelar perkara dan pemeriksaan tersangka, penyidik  mengantongi satu nama pelaku yang memprovokasi penyerangan atas nama  Rais Kei. Hingga saat ini, Rais masih buron.


-

Penulis: