Satpol PP Jakarta sedang menertibkan becak di wilayah Jakarta Utara.
"Kita sudah berikan 500 orang untuk membantu Dishub. Usulan itu tidak ada bagi saya."

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Effendi Anas  menyatakan, kecewa terhadap usulan pemindahan 3.000 personelnya ke Dinas  Perhubungan (Dishub) DKI.

Ditegaskannya dia sama sekali tidak tahu ada usulan tersebut yang akan menjadikan personel Satpol PP sebagai petugas sterilisasi jalur busway. Usulan tersebut disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, kemarin, kepada media.

"Sampai saat ini saya kaget ada usulan pemindahan tersebut. Darimana usulannya? Wagub ngomong dari mana? Saya sendiri tidak terima surat itu kok. Saya lagi ngecek kebenarannya. Yang saya dengar dari Dishub. Saya kecewa banget, dari dinas sendiri tidak koordinasi dan berhubungan dengan  kami," kata pria yang kerap disapa Effan ini, usai mengikuti Apel Satpol PP  DKI di Monas, Jakpus, hari ini.

Dia hanya mendengar kabar Dishub DKI mengirim surat sendiri tanpa sepengetahuan yang lain kepada Wagub DKI untuk meminta personel Satpol PP sebagai anggota Dishub.

Padahal pada 2007, menurut Effan, pihaknya sudah memberikan 500  personel Satpol PP ke Dishub DKI. "Kita sudah berikan 500 orang untuk membantu Dishub. Jadi untuk 3.000 orang saya sama sekali tidak tahu. Usulan itu tidak ada bagi saya," ujarnya.

Kemarin, wacana tersebut diungkap Ahok, begitu Basuki T Purnama kerap disapa, di Balai Kota DKI Jakarta. Menurut dia, Pemprov DKI Jakarta berencana menambah tugas baru bagi Satuan Pengamanan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Tugas baru tersebut adalah mensterilisasi jalur bus TransJ (busway).

"Seperti yang dikatakan Gubernur kan dan Satpol PP akan dialihkan ke Dishub untuk mengawasi sterilisasi jalur (busway)," ujar Ahok, dikutip oleh Detik.com.

Bahkan, Ahok mengungkapkan, rencana pengalihan tugas tersebut akan dilakukan secara bertahap. "Untuk tahun ini mungkin ada 1.000 orang, mungkin tahun depan bisa ditambah lagi jadi 2.000," jelasnya.

Bukan hanya itu, Ahok juga menegaskan, tugas Satpol PP tidak lagi menggusur para Pedagang Kaki Lima (PKL). "Tidak (menggusur PKL). Kan mengawasi jalur-jalur," kata Ahok.


Penulis: