Siswa-siswa SMA se-Jabodetabek mengikuti kegiatan pelatihan di Sekolah Pendidikan Polisi (SPN) Lido Bogor. (Foto:Beritasatu.com/Bayu Marhaenjati)
Kegiatan penggemblengan Siswa SMA di SPN Lido ini akan dilaksanakan selama lima hari, mulai hari ini.

Sebanyak 228 siswa yang berasal  dari SMA di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) mengikuti pembinaan dan pelatihan bertajuk "Gerakan Apresiasi Karakter Siswa Indonesia (G-Aksi)" gelombang pertama, di Sekolah Polisi Negara (SPN), Lido, Jalan Raya Sukabumi KM 20, Bogor, Jawa Barat.

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pembinaan, mempersiapkan dan membentuk siswa berkarakter. Membentuk anak-anak bangsa yang tangguh, menuju Indonesia Emas 2025," kata Dirjen Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhamad, saat pembukaan kegiatan G-Aksi, di SPN Lido, hari ini

Hamid menyatakan siswa sebagai generasi penerus harus bisa menjadi tonggak utama dalam membangun bangsa di masa mendatang. Untuk itu, lanjut dia, para pemuda harus memiliki karakter yang kuat dan mental baja.

"Kegiatan seperti ini saya harapkan dapat terus dikembangkan, agar membangun dan mengembangkan karakter, potensi, serta mengaktualitaskan sikap kerjasama, rasa nasionalisme, sikap membangun bangsa, cinta tanah air, meningkatkan kematangan jiwa, berpikir positif, keterampilan, dan lainnya," papar dia

Untuk diketahui, kegiatan ini akan dilaksanakan selama lima hari. Sebanyak, 667 siswa SMA dari 36 sekolah di Jabodetabek, bakal mengikuti kegiatan ini dan dibagi dalam tiga gelombang.

Gelombang pertama dilaksanakan mulai 19 November sampai 24 November, diikuti sekitar 228 siswa. Selanjutnya, gelombang kedua pada 27 November hingga 2 Desember sebanyak 226 siswa dan terakhir gelombang ketiga pada 4 Desember sampai 9 Desember, ada 223  siswa.

Berikut nama sekolah yang ikut G-Aksi gelombang pertama ini:
SMA Bakhti Idhata: 20 siswa
SMA Cendrawasih 1 Jakarta: 30 siswa
SMA Don Bosco 1 Kelapa Gading: 7 siswa
SMA Muhamadiyah 1: 20 siswa
SMA Sumpah pemuda 1: 10 siswa
SMA Yapmri: 25 siswa
SMAN 6: 45 siswa
SMAN 70: 46 siswa
SMAN 74: 15 siswa
SMAN 6 Bekasi: 10 siswa

Penulis: