Diego Michiels-Persija
Penyidik sudah melakukan olah TKP, serta memeriksa beberapa saksi dan CCTV.

Kepolisian memutuskan tidak mengabulkan permohonan penangguhan penahanan pemain timnas, Diego Michiels, terkait kasus dugaan pemukulan terhadap Meff Paripurna, di Domain Cafe, Senayan City, beberapa waktu lalu.

"Tidak dikabulkan. Alasannya karena berkas dipercepat saja. Sudah masuk dua minggu, jadi berkas telah dipelajari," kata Kepala Bidang (kabid) Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar (Pol) Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Selasa (27/11).

Rikwanto menjelaskan sejauh ini tak ada masalah dalam pemberkasan. Penyidik sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), serta memeriksa beberapa saksi dan CCTV.

"Berkasnya tak ada masalah, sudah cukup saksi, olah TKP dan memeriksa CCTV. Akan segera dilengkapi dan dikirim ke kejaksaan," tutur dia.

Rikwanto menjelaskan, permohonan penangguhan penahanan juga dapat diajukan kepada kejaksaan, karena bukan hanya polisi yang dapat memberikan izin.

"Diego saat ini masih ditahan di Polres Jakarta Pusat. Empat temannya ditahan di Polsek Tanah Abang. Soal penangguhan, kapan saja bisa. Mau sudah diserahkan ke kejaksaan, juga bisa diajukan kembali," tandasnya.

Sebelumnya diketahui, setelah menjalankan serangkaian pemeriksaan, Kepolisian Sektor (Polsek) Tanah Abang resmi menahan pemain timnas sepak bola Indonesia, Diego Michels, serta empat orang kawannya, Sabtu (10/11) malam. Selanjutnya, ia dipindahkan ke Ruang Tahanan Polres Jakarta Pusat.

Merespons penahanan itu, Manajer timnas Indonesia, Habil Marati, lantas menyampaikan surat permohonan penangguhan penahanan Diego Michiels ke Polsek Tanah Abang.

Dikatakan Habil saat itu, dirinya menjamin penuh bahwa Diego tak akan melarikan diri pada saat penangguhan penahanan. Dirinya bahkan siap menggantikan Diego di dalam sel, jika pesepak bola tersebut melarikan diri.

Menurut Habil, permohonan penangguhan penahanan yang disampaikan bukan tanpa alasan. Pasalnya, pemain kelahiran Belanda berdarah Ambon itu sangat dibutuhkan sebagai punggawa lini belakang timnas di ajang Piala AFF 2012 yang saat ini tengah diikuti Indonesia.

Penulis: