Sampah yang menumpuk disepanjang Kali Cipinang, Jakarta Timur. FOTO:  AFP PHOTO / ROMEO GACAD
"Membuang sampah harus dikampanyekan. Jangan ke kali."

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengimbau warga untuk tidak membuang sampah ke kali agar menghindari banjir yang belakangan ini mengancam Jakarta.

Hal ini disampaikan Joko dalam kunjungannya di Festival Ciliwung, di Jl. Antara, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (30/12).

Lelaki yang akrab disapa Jokowi ini mengingatkan masyarakat untuk lebih disiplin dalam membuang sampah. Bahkan ia mengajak warga untuk membantu membersihkan sampah di bantaran kali.

"Membuang sampah harus dikampanyekan. Jangan ke kali," kata Jokowi seraya meninjau kali dari pinggirnya.

Solusi untuk mengatasi banjir, kata Jokowi, sama dengan mengatasi kemacetan, yakni harus dilakukan langkah radikal. Sebelumnya Pemerintah DKI Jakarta merencanakan untuk membangun deep water tunnel yang akan dimulai tahun 2013.

Jokowi mengatakan, kajian untuk proyek terowongan bawah tanah segera dilaksanakan. Paling tidak konsepnya akan dipublikasikan Rabu (2/1) mendatang.

"Berpuluh-puluh tahun (banjir) seperti ini. Kalau hanya melakukan yang konvensional, tidak akan ada terobosan. Saya tidak yakin bebas banjir," tuturnya.

Festival Ciliwung Pasar Baru adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kotamadya Jakarta Pusat. Festival ini bertujuan untuk menyosialisasikan pentingya kebersihan kali bagi masyarakat.

Acara ini dimeriahkan dengan lomba-lomba, gerak jalan santai, band performances dan jualan aneka kuliner khas Betawi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Ery Basworo menegaskan akan segera melakukan normalisasi kali Ciliwung pertengahan tahun depan.

Menurutnya, salah satu masalah utama kali-kali di Jakarta adalah sedimentasi yang tebal, yang menyebabkan aliran air terhambat.

"Aliran air ke pusat akan ditutup. Sehingga air bisa mengalir ke Banjir Kanal Barat. Selain itu kami juga akan mengeruk sehingga sedimennya bisa lebih lancar," jelas Ery.

Sebelumnya, Jokowi dengan didampingi Ery dan Walikota Jakarta Pusat Saefullah menyusuri kali Ciliwung sepanjang Jalan Antara.

Penulis: