Car free day di Jakarta
"Kami sudah siap melaksanakan Jakarta Car Free Night."

Setelah menggelar dua kali uji coba, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya siap menerapkan program Jakarta Car Free Night (CFN) di malam pergantian tahun, pada 31 Desember 2012.

"Kami sudah siap melaksanakan Jakarta Car Free Night. Kendala berarti tidak ada. Kami juga sudah melakukan dua kali gladi bersih atau uji coba (pekan kemarin)," ujar Wakil Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Wahyono, kepada wartawan, Minggu (30/12).

Terkait persiapan, kata Wahyono, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk dan menyampaikan informasi melalui media massa.

"Selain itu, kita juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan dinas terkait (Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta) untuk persiapan pelaksaannya. Intinya, tinggal menjalankan saja," tambahnya.

Diketahui, sebanyak 9.844 personel gabungan bakal diturunkan untuk mengawal kegiatan pergantian malam tahun baru di Jakarta. Sementara sebanyak 3.942 personel dikerahkan khusus melakukan penjagaan dan pengamanan di Jakarta Night Festival (JNF) dan Jakarta CFN di kawasan Sudirman-MH Thamrin.

Disebutkan, sejumlah pos-pos pengamanan juga akan dibangun di beberapa titik sepanjang jalur CFN. Pos tersebut akan berada di dekat 16 panggung yang ada dan dikawal sekitar 120 sampai 125 personel gabungan.

Menyoal mekanisme pelaksanaan, mulai pukul 15.00, personel sudah disebar sesuai plotting masing-masing. Kemudian pada pukul 16.00, mulai dilakukan pembatasan kendaraan yang akan melewati Jalan Sudirman-MH Thamrin secara selektif.

Lalu, pukul 18.00, arus lalu lintas di jalur cepat mulai ditutup. Pukul 19.00 penutupan jalur cepat dan lambat, namun masih diberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin melakukan kegiatan di hotel-hotel dan panggung juga secara selektif. Terakhir, pada pukul 20.00, semua jalur akan ditutup bagi kendaraan bermotor.

Selanjutnya, usai acara pergantian malam tahun baru, pukul 01.00 dilakukan pemberitahuan kepada masyarakat bahwa jalur akan kembali dibuka. Pukul 02.00, barulah jalan sepanjang Sudirman-Thamrin dibuka atau normal kembali, dan pada pukul 02.30 dilakukan imbauan serta pendorongan kepada masyarakat untuk meninggalkan lokasi.

Sementara itu, pihak kepolisian juga telah menyiapkan sejumlah kantong-kantong parkir buat masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun di Jakarta Night Festival. Di antaranya adalah di Polda Metro Jaya, Masjid Istiqlal, parkiran IRTI Monas, Parkir Timur Senayan, serta sejumlah gedung dan mall di sepanjang jalur Sudirman-Thamrin.

Berikut jalur alternatif menghindari rute Sudirman-Thamrin yang ditentukan:
-Sisi Barat: Jalan Sultan Iskandar Muda-Jalan Paku Buwono-Asia Afrika-Tentara Pelajar-Penjernihan-Karet Pasar Baru Barat-KH. Mas Mansyur-Abdul Muis- Majapahit-dan seterusnya.
-Sisi Timur: Jalan Panglima Polim-Jalan Sisingamaraja-Trunojoyo-Senopati-Kapten Tendean-HR Rasuna Said-Hos Cokroaminoto-Menteng Raya-Medan Merdeka Timur-dan seterusnya.
-Sisi Utara: Jalan Merdeka Utara-Abdul Muis-Mas Mansyur-Karet-Penjernihan-Tentara Pelajar-Teuku Nyak Arif-Sultan Iskandar Muda-dan seterusnya.
-Sisi Selatan: Lapangan Banteng-Medan Merdeka Timur-Menteng Raya-Sam Ratulangi-Hos Cokroaminoto-HR Rasuna Said-Kapten Tendean-Wolte Monginsidi-Trunojoyo-dan seterusnya.

Penulis: