Konser Slank
Diizinkan atau tidak sebuah konser didasarkan atas pertimbangan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Jakarta
- Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto, menuturkan, hanya sebagian kecil dari konser Slank di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang tak mendapatkan izin.

"Di Polda Metro Jaya, sekitar 80 persen diizinkan. Dari 11 konser yang ada (di tahun 2012), hanya dua tak diizinkan," ujar Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (23/1).

Ia menambahkan, polisi mengeluarkan izin atau tidak untuk sebuah konser didasarkan atas pertimbangan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Jadi lihat situasi kondisi daerahnya, pernah terjadi keributan tidak, sedang dalam puasa tidak, lihat Perda-nya juga. Jadi bukan bicara polisi sendiri. Kepentingan polisi adalah Kamtibmas terjaga," jelas Rikwanto.

Menurutnya, terkadang pada pelaksanaannya, sebuah konser berlangsung aman dan tertib. Namun ketika bubar dan bertemu di titik tertentu, penonton malah membuat keributan.

"Kadang pada konsernya aman. Namun ketika di suatu wilayah ketemu, terjadi keributan. Polisi itu pendekatannya hanya Kamtibmas kondusif. Kalau konser terlaksana, namun keamanan (di luar) tidak kondusif sama saja. Kita juga harus pikirkan kepentingan masyarakat banyak," tegasnya.

Berdasarkan data Polda Metro Jaya, konser Slank di Lapangan Yon Arhanud, Tangerang Kabupaten, pada tahun 2009, para Slankers melakukan perusakan ruko-ruko yang ada di wilayah Tangerang Kabupaten dan Tangerang Kota. Pada saat itu, banyak kaca ruko rusak.

Pada Ramadan 2012, Slank akan manggung di Lapangan Yon Arhanud, tapi tidak diizinkan, karena terkait Perda (Walikota Tangerang) yang menyebutkan bahwa di bulan suci tersebut dilarang menggelar konser.

Lantas saat Slank konser di bulan November 2012, di BSD City, Serpong, Polres Tangerang Kabupaten juga tidak memberikan izin. Ini dikarenakan para Slankers yang dinilai belum bisa tertib dan membuat keributan serta perusakan.

Sekadar diketahui, selama tahun 2012, Polda Metro Jaya telah mengizinkan sejumlah konser Slank sebagai berikut:

1. Tanggal 8 Februari 2012, di Hard Rock Caffe, Jakarta Pusat.
2. Tanggal 1 Mei 2012, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.
3. Tanggal 11 Mei 2012, di Ritz Carlton SCBD Jakarta Selatan.
4. Tanggal 26 Mei 2012, di Pondok Pesantren Al Muhajirin dan Lapangan Bola Muara Angke, Jakarta Utara.
5. Tanggal 30 Mei 2012, Pondok Pesantren Riyadul Jannah dan Lapangan Bola Jurung Sempuh, Cikarang Kabupaten Bekasi.
6. Tanggal 31 Mei 2012, di Lapangan Blok S Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
7. Tanggal 28 Juni 2012, di Area PRJ Jakarta Fair, Jakarta Pusat.
8. Tanggal 28 Juli 2012, di Museum Fatahillah, Jakarta Barat.



Penulis: