Chevrolet Spin

Magelang - General Motors Indonesia, melalui melalui model low multi purpose vehicle (MPV) terbarunya Chevy Spin ingin mengubah persepsi masyarakat mengenai mesin diesel.

Mobil MPV tujuh penumpang ini memiliki dua varian diesel 1.300 cc transmisi manual. Kedua varian tersebut juga disematkan turbo charger untuk memastikan perbandingan torsi dan tenaga yang sesuai. Spin juga memiliki lima varian bensin.

Jenis 1.3 LT diesel dibanderol dengan harga Rp 179,7 juta dan 1.3 LTZ diesel dengan harga Rp 189,7 juta.

Yuniadi Haksono Hartono, Direktur Marketing GM Indonesia, mengatakan, selama ini persepsi masyarakat mengenai mesin diesel adalah tidak bertenaga dan cenderung berisik.

"Tapi sekarang persepsi itu akan berubah," ujarnya di hari kedua test drive Chevy Spin dengan rute Yogyakarta-Candi Borobudur, Selasa (19/3).

Dia mengatakan, di Eropa, diesel sudah menjadi pilihan utama karena mesinnya yang irit bahan bakar.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, dalam uji coba kendaraan dari Solo ke Candi Prambanan dengan jarak 60 km, indikator tangki memang sama sekali tidak berkurang.

Pada putaran rendah, turbo charger kurang responsif namun di putaran 2.000 rotation per minute (RPM) ke atas, akselerasi terasa lebih kencang.

Suara mesin juga tidak terdengar di dalam kabin, namun dari luar, suara khas mesin diesel jelas terdengar. Knalpot juga beberapa kali terlihat mengebulkan asap hitam. "Mesin diesel ini bisa menggunakan pertamina dex atau biosolar, tidak ada masalah," ujar Adhitya.

"Perawatan juga mudah, cukup dibawa ke dealer untuk servis berkala," tambahnya.

Penulis: Faisal Maliki Baskoro/WBP