Proton Preve di kawasan Dago, Bandung, 28 Juni 2013.
Mesin turbo 1,6L Proton Preve, dengan transmisi otomatis tujuh kecepatan Protronic.
Roda kemudi Proton Preve dengan audio control dan paddle shifter di baliknya.

Jakarta - Produsen mobil asal Malaysia Proton kembali menambah portfolio produknya di Indonesia dengan meluncurkan sedan 1.600 cc yang diklaim sebagai yang paling mewah di kelasnya.

Segmen mid-size sedan ini termasuk kategori jenuh di Indonesia di mana hampir semua produsen memiliki model masing-masing, namun Proton Preve yang akan segera dijual di sini menawarkan banyak fitur yang diyakini pembuatnya bisa memikat konsumen Indonesia.

"Kami punya mobil yang sebanding dengan kompetitor. Untuk dipahami, kami bukan menjual mobil murah, tapi mobil terjangkau, value for money," kata Direktur Utama Proton Edar Indonesia Mohd Asri Bin Khayan saat ditemui Beritasatu.com di kantornya di Pondok Indah, Kamis (27/6).

Untuk memulai, Preve dilengkapi fitur pengaman empat air bag dan pengendali kestabilan elektronik (electronic stability control).

Varian yang dijual di sini hanya versi transmisi otomatis tujuh kecepatan dengan teknologi sendiri bernama Protronic, lengkap dengan tuas transmisi paddle shifters di belakang kemudi.

Roda kemudi juga memiliki audio control, layar multi fungsi untuk navigasi, audio-video, dan bahkan memberi beberapa informasi mendasar misalnya ukuran baju internasional - termasuk ukuran tali dan mangkuk bra yang muncul ketika kami salah pencet dalam test drive Kamis (27/6).

Fitur keselamatan aktif lainnya termasuk Electronic Brake-force Distribution (EBD) atau distribusi daya pengereman elektronic yang membuat mobil tetap stabil ketika berhenti mendadak atau kecepatan diturunkan secara drastis.

Kesempurnaan audio dengan fasilitas subwoofer, keyless start-off, spion elektronik dan sabuk pengaman yang dirancang melindungi bagian atas tubuh penumpang adalah detail lainnya yang dimiliki Proton Preve.

Masih ada lagi: sensor hujan untuk wiper, sensor cahaya untuk lampu dan sensor parkir.

Semua fitur kenyamanan dan keselamatan ini kalau digabungkan jadi satu hanya terdapat di sedan-sedan mewah 2.000cc ke atas, seperti Toyota Camry atau Honda Accord, namun dibanderol dengan harga sekelas small sedan di Preve. Harga mulai Preve Rp 285 juta.

Dengan rentang harga ini, Proton menjanjikan fitur-fitur itu akan tersedia di setiap Preve yang dijual di Indonesia, karena hanya satu varian yang tersedia di sini yaitu Preve CFE.

"Comfort dan handling menjadi prioritas kami. Kami tidak ingin memberikan kekurangan-kekurangan kami, karena kami akan selalu improve untuk kenyamanan berkendara di Indonesia," kata Mohd Asri.

Penulis: Heru Andriyanto/FMB