Ini Tips Sebelum dan Saat Mudik

Ilustrasi mudik di jalan tol. (Antara)

Oleh: Harso Kurniawan / HK | Kamis, 18 Mei 2017 | 23:02 WIB

Jakarta - Mudik Lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia. Sejauh ini, mobil masih menjadi transportasi favorit saat mudik. Ada beberapa tips dapat diterapkan sebelum dan saat mudik Lebaran. 

Pertama, menyiapkan kendaraan dengan memeriksa mobil di bengkel resmi, kemudian menjaga kesehatan mereka dengan beristirahat dan tidur yang cukup, memerika kesehatan ke dokter, mengonsumsi makanan bergizi beberapa hari sebelum mudik. pemudik Lebaran disarankan untuk menyiapkan kendaraan dengan memeriksa mobil di bengkel resmi,

“Langkah-langkah lainnya sebelum berangkat mudik adalah mengumpulkan berbagai informasi seperti rencana rekayasa lalu lintas, lokasi-lokasi SPBU, dan lain-lain. Data barang-barang yang akan dibawa. Jika akan memakan bagasi dan kabin, sebaiknya dikirim via perusahaan logistik sebelum mudik, serta siapkan dana yang cukup,” ujar Indra Prabowo, managing editor Mobil123.com dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (18/5).

Saat mudik, dia menyatakan, pengendara harus tetap memeriksa kembali kendaraan seperti kondisi ban dan tekanannya, serta kelistrikan. Pengemudi disarankan beristirahat setiap 3-4 jam perjalanan selama 30 menit atau hingga pengemudi benar-benar bugar. Salah satu tips agar pengemudi tetap bugar adalah dengan senam kecil. Kemudian, tidurlah jika pengemudi merasa mengantuk.

“Untuk mengusir rasa bosan selama perjalanan, pengemudi bisa memanfaatkan sistem infotainment mobil. Sistem ini bisa kita gunakan untuk mengumpulkan berbagai informasi terkait perkembangan lalulintas, lokasi SPBU dan lain-lain,” kata dia.




ARTIKEL TERKAIT