(Kiri ke kanan) Jessica Chastain, Charlize Theron, Jennifer Lawrence, dan Anne Hathaway mendapat sorotan untuk busana yang mereka pilih kenakan di ajang Academy Awards.

Jakarta - “Peragaan busana” akbar Red Carpet (Karpet Merah), bagian dari perhelatan insan perfilman Hollywood, Oscar 2013, baru saja usai. Dari tahun ke tahun, peristiwa akbar dengan model para bintang yang ”berlaga” di Oscar itu semakin semarak, menjadi ajang unjuk gigi para perancang busana dunia, dan ajang perburuan stylist (penata gaya), pengamat mode, dan media.

Julukan “Raja Karpet Merah” pernah sekian lama disandang perancang mode papan atas Valentino. Para pengamat mode tak akan melupakan gaun warna hitam rancangannya yang dikenakan Julia Roberts ketika menerima Oscarnya sebagai aktris terbaik pada 2001. Gaun vintage dengan bis atau pelisir putih membentuk huruf “Y” memanjang dari dada hingga mata kaki itu sudah masuk daftar gaun ikonik ajang Karpet Merah.

Tahun ini, rancangan Valentino masih menghiasi ajang Karpet Merah Oscar 2013, bagian dari malam pemberian penghargaan tertinggi kepada insan perfilman Hollywood, 14 Februari waktu setempat. Aktris Jennifer Aniston memilih rancangan dari koleksi gaun merahnya yang terkenal dari lini Valentino Haute Couture. Selain Valentino, rancangan Oscar de la Renta, langganan ajang Karpet Merah yang lain, juga hadir melalui sosok aktris Amy Adams.

Namun, tahun ini, mata pengamat mode lebih banyak tertuju pada sosok Anne Hathaway, Jessica Chastain, Jennifer Lawrence, dan Charlize Theron. Keempatnya masuk daftar ”best dressed”. Hathaway, yang kemudian meraih Oscar kategori aktris pendukung terbaik melalui "Les Miserables", hadir mengenakan rancangan Prada, gaun panjang tanpa lengan dengan punggung terbuka, dilengkapi perhiasan rancangan Tiffany&Co. Harper’s Bazaar dan Vogue menempatkannya pada urutan pertama best dressed.

Pilihan kedua majalah mode dan gaya hidup itu berbeda dengan pilihan pengamat mode harian Los Angeles Times dan New York Daily News edisi online, yang sama-sama memilih Jennifer Lawrence, peraih Oscar aktris terbaik tahun ini, sebagai pesohor berpenampilan terbaik. Lawrence yang memilih rancangan Christian Dior Haute Couture, gaun lebar strapless warna putih itu, hanya masuk urutan kedelapan Harper’s Bazaar dari sepuluh terbaik.

Vogue menempatkan Charlize Theron pada urutan kedua artis pilihannya dengan penampilan paling menarik, sedangkan Harper’s Bazaar menempatkannya pada urutan ketiga. Penampilan Theron juga dipuji pengamat mode EOnline! Dengan rambut cepak, ia tampil mengenakan rancangan Christian Dior Haute Couture, gaun putih berpotongan simple namun elegan, dilengkapi perhiasan rancangan Harry Winston.

Pilihan Jessica Chastain mengenakan rancangan Armani Prive, gaun panjang strapless warna copper, juga banyak mendulang pujian, di antaranya dari EOnline! dalam siaran langsungnya. Harper’s Bazaar menempatkannya pada urutan kedua, sama dengan New York Daily News. Sedangkan Vogue memasukkannya pada urutan keenam aktris berpenampilan terbaik.

Semakin banyak perancang busana yang menciptakan rancangan khusus untuk ajang Karpet Merah beberapa tahun belakangan ini menyebabkan penata gaya pesohor pun semakin leluasa memilih. Karpet Merah bukan hanya milik perancang mode seangkatan Valentino, Oscar de la Renta, dan rumah mode ternama lain. Perancang busana generasi berikut seperti Elie Saab, Zuhair Murad, Naaem Khan, pun mulai menyemarakkannya.

Tahun ini, rancangan Elie Saab jadi pilihan aktris asal Swedia Alicia Vikander, pemeran film Anna Karenina. Rancangan Zuhair Murad hadir melalui sosok Catherine Zeta-Jones. Rancangan Rumah Mode Alexander McQueen jadi pilihan Amanda Seyfried dan Salma Hayek. Rancangan Miu Miu, gaun ultrafeminin warna coral dengan detail sulaman indah di bagian dada, jadi pilihan Kerry Washington.

Bukan hanya semakin semarak, ajang Karpet Merah Oscar juga semakin berwarna dan inspiratif. Dan, tentu menjadi ajang promosi yang mampu mendongkrak dan mempertahankan nama perancangnya, serta, tentu saja, memajukan industri adibusana.

Suara Pembaruan

Penulis: ATI/D-10/NAD

Sumber:Suara Pembaruan