Mazda akan membuat mobil berlabel Toyota di Meksiko.
Mengembangkan mobil hatchback Mazda2 generasi terbaru untuk merk Toyota.

Mazda Motor Corp. akan memproduksi mobil jenis subcompact bagi Toyota Motor Corp. di pabriknya di Meksiko mulai 2015 nanti seiring dengan ambisi dua perusahaan untuk mendongkrak output mereka di Amerika Utara.

Mobil Toyota ini nanti pada dasarnya adalah model Mazda2 yang diganti merk dengan target pasar di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

Produksi akan dimulai musim panas 2015 dengan volume 50.000 unit per tahun, menurut pernyataan dua perusahaan itu.

Tingkat produksi ini akan menambah kapasitas yang direncanakan sebesar 140.000 unit mobil Mazda di pabrik tersebut, kata juru bicara Mazda, Greg Young.

Pabrik Mazda di Salamanca ini direncanakan mulai beroperasi pada 2014 untuk membuat sedan kecil Mazda2 dan Mazda3. Rencana perusahaan untuk mengekspor dua model tersebut ke AS juga tidak berubah meskipun ada perkembangan ini.

Toyota akan membantu biaya peningkatan kapasitas pabrik, kata juru bicara Toyota, Dion Corbett, tanpa bersedia menjelaskan berapa nilainya.

Dua perusahaan itu memang bertekad meningkatkan produksi di Amerika Utara karena mendatangkan mobil dari Jepang semakin berkurang keuntungannya dengan makin menguatnya Yen.

Mazda tahun ini menghentikan produksi di satu-satunya pabriknya di AS yang dijalankan secara patungan bersama Ford di Flat Rock, Michigan.

Meski akan berbagi platform dengan Mazda2, mobil yang berlabel Toyota akan memiliki styling berbeda, kata Corbett. Awal produksi mobil ini diperkirakan akan berbarengan dengan peluncuran generasi terbaru Mazda2.

Mobil ini nanti diharapkan akan menjadi barang baru Toyota, bukan sekedar pengganti dari model yang sudah ada.

"Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memperluas segmen produk di Amerika Utara,” kata Corbett di Automotive News.

Mazda2 generasi sekarang dibuat dari platform yang sama dengan Ford Fiesta, yang diluncurkan pertama kali pada 2007.

Tentang Toyota sendiri, ini bukan kali pertama raksasa otomotif Jepang itu meminta pabrikan lain membuat mobil untuknya, khususnya jenis mobil kecil.

Di Indonesia, Toyota menuai sukses besar lewat kolaborasi dengan Daihatsu yang memproduksi Xenia dan di-rebadged Avanza untuk Toyota, juga Daihatsu Terios dan Toyota Rush, dan yang terbaru adalah model Agya dan Ayla.

Penulis: