Ilustrasi TMII

Jakarta - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-38 Taman Mini Indonesia Indah (TMII), menghadirkan konser musik bersama artis-artis dangdut Indonesia.

Dua penyanyi dangdut Indonesia yang sudah melegenda yakni Rita Sugiarto dan Evi Tamala, akan tampil dalam konser musik dangdut bertajuk "Guswara Menggoyang Jakarta" yang akan digelar di halaman parkir Teater Imax Keong Mas TMII Jakarta, Sabtu (27/4) mendatang, pukul 19.00-24.00 WIB.

Selain menampilkan dua penyanyi legenda tersebut, hadir para penyanyi lain, diantaranya Duo Virgin, Endang Kurnia, Caca Handika, Tatang KDI, Andy KDI, Eka Bima KDI, dan sejumlah artis dangdut lainnya.

Manager Pemasaran TMII, Purwanto, mengatakan tidak ada akhir untuk musik dangdut klasik. Jenis musik ini terus berkembang berinteraksi dengan aliran musik yang lain pop, rock, disco, house music, dan genre lainnya.

”Musik dangdut klasik masih tetap diminati dan memiliki penggemar sendiri. Itu sebabnya pada konser ini kami menampilkan para artis yang mewakili zamannya, dulu dan kini," katanya di Jakarta, Kamis (25/4).

Pada acara puncak HUT Ke-38 TMII sebelumnya telah digelar konser musik maestro biola Indonesia Idris Sardi dan pergelaran kolosal dramatari Wira Baskara Nusantara, yang menggambarkan perjuangan Gajah Mada dalam mempersatukan Nusantara. Peringatan HUT ke-38 TMII dilaksanakan selama satu bulan penuh dari 1 hingga 30 April 2013 dengan tema "TMII Museum Terbesar Inspirasi Peradaban Bangsa."

TMII disebut sebagai museum terbesar bukan karena TMII memiliki 18 museum saja. Tetapi seluruh kawasan TMII adalah museum. Koleksinya terdiri dari 33 Anjungan Provinsi lengkap dengan koleksi daerahnya. 18 Museum dengan subjek ilmu pengetahuan yang berbeda-beda, taman flora dan fauna, arsipel dan bangunan lainnya yang disajikan sebagai satu-kesatuan dalam satu kawasan yang luas.

Untuk menyemarakkan suasana, pada akhir acara akan digelar pesta kembang api. Biasanya hal ini dilakukan pada saat puncak peringatan ulang tahun setiap 20 April. Namun ternyata rencananya baru akan dilaksakan usai pergelaran konser musik dangdut pada pukul 24.00 WIB. Tak kurang dari 1000 kembang api akan diluncurkan untuk melukis suasana malam bertabur bintang.

“Acara spesial ini dapat disaksikan oleh masyarakat umum, namun untuk mensukseskan dan mengamankan acara ini, diberlakukan adanya biaya. Untuk tiket masuk TMII mulai pukul 16.00 WIB sampai 23.00 WIB diperlakukan tarif tanda masuk Rp. 20.000,- (dua puluh ribu rupiah),” kata Manager Informasi TMII, Suryandoro.

Suara Pembaruan

Penulis: H-15

Sumber:Suara Pembaruan