Ahmad Dhani salah satu juri dalam Indonesian Idol 2012
Indonesian Idol pada edisi ke tujuh ini dirasa cukup istimewa bagi pihak penyelenggara. Pasalnya, juri yang dipilih untuk melakukan penilaian akan diisi oleh kehadiran nama baru, yaitu Ahmad Dhani "The Hits Maker".

Bagi pentolan Republik Cinta Manajemen ini, pengalaman menjadi juri full time adalah untuk pertama kalinya. "Selama ini saya cuma jadi juri part time saja, iseng-iseng isi waktu. Buat jadi juri di ajang ini (Indonesian Idol) pengalaman pertama buat saya, jadi saya akan berusaha total di kesempatan ini", ujar Dhani saat ditemui di acara jumpa pers Indonesian Idol 2012 di RCTI siang tadi.

Selain menampilkan wajah baru di penjurian, ajang yang melahirkan nama-nama baru di industri musik tanah air ini juga menyajikan konsep baru. "Secara konsep akan berbeda. Sekarang kita punya kreatif yang berbeda. Secara audisi kita punya Online, School dan Bus Audition. Ini pertama kalinya di sejarah Idol," ujar Virgita selaku perwakilan Fremantle Media.
 
Bagi para juri, audisi Indonesian Idol kali ini juga bisa dibilang cukup spesial. Contohnya seperti Ahmad Dhani yang memuji peserta di Yogyakarta. "Di Yogyakarta banyak sekali bakat-bakat yang luar biasa, unik dan orisinal. Memang, untuk menjadi seorang idola tidak hanya mengandalkan keunikan suara saja, tapi juga tahu bagaimana menyanyikan lagu dengan baik dan enak didengar," kata Dhani.

Senada dengan Dhani, Agnes Monica yang hadir di jumpa pers siang tadi juga mengatakan hal yang sama. "Peserta harus memiliki kemampuan satu paket. Jadi bukan cuma mengandalkan teknik vokal tapi juga penampilan di atas panggung dan penjiwaan saat membawakan lagu," ujar Agnes.

Melihat calon bintang yang sudah menjalani audisi memang menimbulkan optimisme para juri. Salah satunya adalah Anang yang mengatakan bahwa Indonesia Idol tahun ini akan menjadi edisi yang lebih baik dari sebelumnya. "Konfigurasi juri yang sekarang ini bisa melahirkan bintang baru. Dan kalau melihat audisi kemarin, yakin bisa dapat superstar. Anak-anak mudanya mempersiapkan dengan baik," pungkas mantan suami Krisdayanti ini.

Penulis: /FMB