Daftar Tiket Konser Termahal, dari Noah hingga Celine Dion

Daftar Tiket Konser Termahal, dari Noah hingga Celine Dion
Penyanyi asal Amerika, Ariana Grande, beraksi di atas panggung dalam konser bertajuk The Honeymoon Tour di Jakarta, 26 Agustus 2015. ( Foto: Beritasatu.com/Danung Arifin )
Dina Fitri Anisa / FMB Jumat, 19 Januari 2018 | 14:08 WIB

Jakarta - Belakangan ini, dunia hiburan di tanah air tengah digemparkan dengan harga tiket diva internasional, Celine Dion dengan harga selangit. Terdapat beberapa kategori tiket yang sudah dapat dapat dibeli untuk umum melalui laman www.celinedionjkt.com dengan harga yang dibanderol mulai dari Rp 1.500.000 hingga Rp 25.000.000.

Sayangnya, tiket kategori terendah sudah habis terjual. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Marketing Director PK Entertainment, Hari Sudarma. "Presale dari kemarin sudah dibuka, tapi khusus penggemar member dari tim Celine" ujarnya Kamis, (18/1).

Apakah harga tiket ini bisa dibilang normal? Beberapa promotor pun mengatakan bahwa, harga penjualan tiket yang selangit dikarenakan dalam setiap penyelenggaraan konser dibutuhkan biaya yang tidak sedikit juga. Mulai dari membayar artis musisi, sewa tempat, alat-alat panggung dan alat musik, hingga biaya promosi.

Namun, animo masyarakat yang besar terhadap musik tidak mengurungi niat para promotor untuk “tega” memberikan harga yang tinggi. Karena, meski dipatok dengan harga tiket yang lumayan mahal, toh akhirnya penjualan tiket sold out atau ludes semua demi melihat aksi panggung sang idola.

Andrea Bocelli ditempatkan sebagai penyanyi tenor yang sangat digandrungi oleh masyarakat dunia yang memiliki strata sosial yang tinggi. Penyanyi tunanetra, ini, memiliki kualitas vokal tenor yang mumpuni, dirinya sudah bisa disejajarkan dengan penyanyi tenor sekelas Luciano Pavarotti. Tak heran jika Java Festival Production selaku pihak penyelenggara menjual tiketnya dengan harga yang sangat mahal.

Sebagai informasi untuk konser yang telah diadakan di Ballroom Hotel Pacific Place, Jakarta, 15 Mei 2011. Tiket konser akan dibagi dalam enam kelas yakni Silver Rp 2,5 juta, Gold Rp 5 juta, Platinum B Rp 7,5 juta, Platinum A Rp11 juta, Diamond B Rp20 juta dan Diamond A Rp 25 juta. Untuk kapasitas penonton di konser itu, pihak penyelenggara menyediakan sekitar 3000 tiket.

Kemudian, musisi jazz selanjutnya yang menyempatkan diri menyapa Jakarta, David Foster pun tak mau kalah. Mengusung konser dengan tajuk A Special Evening with David Foster & Friends, yang telah diselenggarakan pada 27 Oktober 2010 laris manis tak tersisa, walau memiliki harga yang fantastis.

Promotor Berlian Entertainment menyediakan tempat duduk sebanyak 2.900 kursi. Tiket pun dijual bervariasi mulai dari kelas Bronze Rp 1 juta, Silver Rp 3 juta, Gold Rp 5 juta, Platinum Rp 7,5 juta, Diamond Rp 15 juta dan Super Diamond Rp 25 juta.

Selanjutnya, mungkin masih di tahap wajar untuk konser sekelas Ariana Grande. Pelantun lagu "Bang Bang" ini menggelar konser perdananya di Hall B&C, JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada 26 Agustus 2015. Untuk menyaksikan idola para kalangan muda, tiket konser dibandrol dengan harga yang cukup fantastis yakni dari harga Rp 800.000 hingga Rp 6 juta. Tentu hal ini cukup memberatkan kantong para penggemarnya, yang didominasi remaja dari umur 13 tahun.

Musisi Lokal
Sungguh harga-harga yang fantastis bukan? Ternyata, bukan hanya musisi Internasional yang pernah mematok harga selangit untuk penjualan tiketnya. Ya, musisi lokal Indonesia, tentunya mereka yang namanya sudah melegenda pun tidak kalah mahalnya. Meski mahal, namun tiket yang dijual pun laris manis dibeli oleh penggemar setia mereka.

Sepeti halnya, untuk bisa menikmati suara ketiga diva Indonesia, Titi DJ,Krisdayanti (KD), dan Ruth Sahanaya ini Anda harus merogoh kocek yang sangat dalam. Harga tiket untuk pertunjukan 3 Diva ini berkisar antara Rp 4,5 juta hingga Rp 9,5 juta. Termasuk gala dinner dengan berbagai macam hidangan internasional di Hotel Gran Mulia, Jakarta, 2007 lalu. Tiket-tiket tersebut dijual untuk kapasitas 500 kursi. Namun para pembeli tiket akan disuguhi 26 lagu dan menginap selama 2 malam dengan menikmati segala fasilitas hotel yang ada.

Kemudian untuk tiket konser 3 Diva selanjutnya, yang telah diselenggarakan di Balai Sarbini, 17 September 2016, harga tiket yang ditawarkan pun masih terbilang tinggi. Untuk mendapatkan konsep yang mewah dan intim, para penggemar wanita bersuara emas ini harus mengeluarkan biaya mulai dari, Bronze B Rp 500 Ribu, Bronze A Rp 750 Ribu, Silver B Rp 1 Juta, Silver A Rp 1,5 Juta, Gold Rp 2 Juta, Platinum Rp 3 Juta, dan Diamond Rp 4 Juta.

Posisi selanjutnya diduduki oleh band legendaris Indonesia, yaitu God Bless. Banyak yang protes, karena tiket konser God Bless bertajuk "MusiKuKeren: Panggung Sandiwara God Bless" yang telah dihelat 7 Agustus 2015 di Ciputra Artpreneur Theatre, Kuningan, Jakarta, dianggap mahal.

Konser yang hanya menjual 100 kursi itu, dibandrol dengan harga tiket mulai dari Rp 900.000 hingga Rp 2,5 juta. Memang kali ini God Bless ingin memberikan pertunjukan spesial yang lebih intim untuk para penggemarnya. Namun nyatanya, kualitas yang disuguhkan oleh promotor saat itu sepadan dengan harga yang dikeluarkan. Mengingat, Ciputra Artpreneur sendiri merupakan salah satu gedung pertunjukan termahal di Jakarta.

Kemudian, band NOAH sukses menggelar konser tunggal pertama mereka selepas berganti nama dari Peterpan juga menjual tiket yang tidak murah. Dalam konser The Greatest Session Of The History itu NOAH menampilkan berbagai karya terbaik mereka dan bahkan juga berbagai karya terbaik dunia.

Tiket konser NOAH paling murah pada saat itu adalah Rp 350.000. Sementara yang paling mahal bisa mencapai 3,5 juta. Faktanya, tiket konser berhasil ludes dan konser berjalan sangat sukses. Para fans sangat puas. Mereka anggap ini adalah salah satu pertunjukkan konser band dalam negeri terbaik



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE