Logo APEC 2013

Nusa Dua, Bali - Konferensi Tingkat Tinggi APEC (KTT APEC) 2013 telah selesai dan negara-negara anggota setuju untuk menciptakan liberalisasi perdagangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Kesepakatan di tingkat pemimpin dan menteri ini akan diformulasikan dalam kebijakan-kebijakan masing-masing negara, sehingga dampaknya akan terasa di masyarakat awam.

“Dampak langsung yang akan terasa di masyarakat awam adalah APEC akan mencari cara agar usaha kecil dan menengah bisa go international dan masuk ke negara-negara lain,” ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

Hatta juga mengatakan bahwa dampak lain bagi masyarakat awam adalah negara-negara APEC sepakat untuk memperbaiki infrastruktur dan mengembangkan inovasi.

“Yang tidak kalah penting, adalah akses ke sumber pendanaan bagi pelaku usaha terutama UKM akan dipermudah,” ujar Hatta.

“PR kita sekarang adalah mencari cara bagaimana mewujudkan kesepakatan-kesepakatan APEC dan merumuskannya secara teknis,” pungkasnya.

-

Penulis: Fasial Maliki Baskoro/AF