AFEO: SBY Sukses Jaga Diplomasi Indonesia-ASEAN

AFEO: SBY Sukses Jaga Diplomasi Indonesia-ASEAN
Chairman of ASEAN Federation of Engineering Organizations/AFEO (Federasi Organisasi-organisasi Insinyur se-Asia Tenggara) Bobby Gafur Umar (kedua kiri) menyerahkan penghargaan Medali Kehormatan Patron (Honorary Patron Medal) AFEO kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) disaksikan Vice Chairman AFEO U Win Khaing (kiri) dan Sekjen AFEO Dato Lim Chow Hock (ketiga kiri) di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/11). ( Foto: Antara / Abror Rizki )
Ezra Sihite Senin, 11 November 2013 | 16:47 WIB

Jakarta - ASEAN Federation of Engineer Organization (AFEO) menyampaikan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) layak mendapatkan penghargaan Honorary Patron Medal. SBY dianggap mampu mendorong pembangunan berkelanjutan dan membuka hubungan luas Indonesia dengan ASEAN.

“Ini adalah kelas tertinggi dari penghargaan yang ditujukan kepada kepala negara. Kepala negara yang pertama menerima Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen. Ini adalah yang kedua dan ini ditentukan suatu rapat bulan Mei kemarin di Yangoon, Myanmar,” kata Ketua AFEO yang juga Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Bobby Gafur Umar, di kompleks Istana Negara, Jakarta, usai bertemu Presiden SBY, Senin petang (11/11).

Dituturkan, tidak sedikit calon yang digodok untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Namun, akhirnya, SBY dipilih karena dianggap cukup berhasil dalam memajukan pembangunan infrastruktur.

“Secara konsisten dan terus menerus selama masa pemerintahan sembilan tahun ini terus mendorong inovasi teknologi, termasuk pendidikan dan penelitian di bidang engineering dan science,” lagi katanya.

Hari ini, AFEO, selain mengadakan audiensi dengan SBY, juga menyerahkan medali kepada presiden. AFEO sendiri beranggotakan asosiasi dari 10 negara ASEAN termasuk Indonesia. Atas upaya pembangunan dan konsistensi tersebut kata dia, Indonesia menjadi salah satu negara yang dipandang di Asean dan pula di negara-negara G-20. Hal tersebut cukup dirasa membuat SBY layak menerima medali kehormatan AFEO itu.

CLOSE