Suasana penghitungan suara dalam pilkada NTT di Kupang, Senin (18/3)

Jakarta - Sekretaris Departemen Hankam PDI Perjuangan, Valens Daki-Soo, menyatakan keunggulan pasangan Frans Lebu Raya-Benny Nitelnoni (Frenly) di Pilkada NTT adalah bukti warga provinsi itu yang masih percaya kepemimpinan calon diusung partainya.

"Meski masih harus menunggu pengumuman resmi KPU, keunggulan sementara ini secara benderang memperlihatkan, rakyat NTT masih percaya dan menaruh harapan kepada PDI Perjuangan," kata Valens Daki-Soo saat dihubungi wartawan dari Jakarta, Selasa (19/3).

Menurut Valens, yang juga mantan Asisten Dubes Keliling RI Urusan Timor Timur itu, sejak dulu rakyat NTT menerima dan mendukung PDIP.

Hal itu tidak terlepas dari konteks historis bangsa, di mana Bung Karno sang proklamator pernah mengalami pembuangan politik di Ende Flores hampir lima tahun.

Menurutnya, kepercayaan dan dukungan rakyat NTT itu seyogianya diapresiasi dan diterjemahkan para pemimpin ke dalam berbagai kebijakan pembangunan yang sungguh pro rakyat, anti korupsi, tidak mengkhianati rakyat. Sekaligus dengan berupaya mewujudkan janji waktu kampanye sebagai komitmen moral-politik yang mesti dipenuhi.

"NTT adalah daerah yang sering diberi stigma atau 'label' daerah miskin. Namun sebenarnya di sana terkandung berbagai potensi dan sumber daya, terutama kualitas natural manusia NTT yang umumnya cerdas dan kritis. Kunci kemajuan di NTT ada di tangan para pemimpin," tegas Valens.

Pada kesempatan itu, secara khusus dia menyerukan agar Frenly, ketika dilantik, tetap teguh menolak tambang di NTT karena berbagai pertimbangan ekologis dan sosio-kultural sebagaimana disuarakan berbagai kalangan rakyat.

Hasil perhitungan sementara pemilihan gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga Senin (18/3) malam menunjukkan keunggulan pasangan Frenly.

Hasil perhitungan sementara, disampaikan oleh Sekretariat PDIP Andreas Hugo Parera: Esthon Leyloh Foenay-Paul Edmundus Tallo (23,36 persen), Ibrahim Agustinus Medah-Emanuel Melkiades Laka Lena/Tunas (22,67 persen), Christian Rotok-Abraham Paul Lyanto/Christal (12,75 persen), Frans Lebu Raya-Benny A Litelnoni/Frenly (31,51 persen), dan Benny Kabur Harman-Willem Nope/BKH-Nope (10.05 persen).

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Nusa Tenggara Timur (NTT) Senin (18/3) sebanyak 3.027.283 dari 8.360 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Penulis: Markus Junianto Sihaloho/FER